Evaluasi pelaksanaan KTSP IPA kelas VI semester II SD Negeri Semen 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Sarwendah Rosita Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pelaksanaan KTSP IPA kelas VI semester II SD Negeri Semen 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Sarwendah Rosita Dewi

Dewi, Sarwendah Rosita (2012) Evaluasi pelaksanaan KTSP IPA kelas VI semester II SD Negeri Semen 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Sarwendah Rosita Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci evaluasi KTSP IPA Dunia pendidikan masih banyak mempunyai permasalahan terutama yang berkaitan dengan kualitas pendidikan. Kualitas ini perlu ditingkatkan agar mutu pendidikan bisa lebih baik dari waktu ke waktu. Untuk menjamin adanya mutu pendidikan maka harus dilakukan evaluasi untuk proses refleksi dari bagian pelaksanaan kurikulum pendidikan. KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Pada penelitian ini yang dimaksud dengan evaluasi pelaksanaan KTSP pada mata pelajaran IPA adalah kegiatan menetapkan kualitas pelaksanaan KTSP mata pelajaran IPA di SD Negeri Semen 02 sedangkan sasaran evaluasi adalah pada penyusunan RPP pelaksanaan RPP dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan KTSP IPA di SD Negeri Semen 02. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan KTSP IPA di SD Negeri Semen 02. Jenis penelitian ini adalah menggunakan model evaluasi kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Semen 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Negeri Semen 02. Analisis data dimulai dengan menelaah data yang telah didapat dari berbagai sumber yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pada penyusunan RPP mata pelajaran IPA yang terdiri dari komponen RPP yaitu memperoleh hasil 80 76% dan prinsip penyusunan RPP adalah 72 16%. Pelaksanaan RPP yang terdiri dari persyaratan proses pembelajaran yaitu 88 88% dan pelaksanaan pembelajaran adalah 90 74%. Hasil belajar siswa kelas VI mata pelajaran IPA pada ulangan harian pertama adalah 72 96% ulangan harian kedua adalah 82 06% dan ulangan harian ketiga adalah 82 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penyusunan RPP mata pelajaran IPA yang terdiri dari komponen RPP cukup lengkap dan prinsip penyusunan RPP adalah sudah sesuai dengan pedoman yaitu Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Pelaksanaan RPP yang terdiri dari persyaratan proses pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran juga sudah sesuai dengan Standar Proses. Hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA adalah baik. Saran ditujukan bagi guru kepala sekolah dan bagi peneliti lain. Guru perlu memperbaiki dalam perumusan indikator dan tujuan pembelajaran. Pada awal semester kegiatan belajar seharusnya guru menyampaikan silabus secara lengkap. Guru seharusnya juga melengkapi komponen yang ada pada RPP dan mencantumkan alokasi waktu secara rinci. Kepala sekolah seharusnya memfasilitasi kegiatan siswa dalam proses pembelajaran dan hasil penelitian ini seharusnya dapat dijadikan perbandingan dengan kegiatan evaluasi diri sekolah yang telah dilaksanakan di SD Semen 02. Bagi peneliti lain perlu adanya penelitian lanjutan khususnya mengenai penyusunan KTSP pelaksanaan KTSP dan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item View Item