Pengembangan bahan ajar berbasis flipbook untuk mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI / Betharisa Atsala - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis flipbook untuk mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI / Betharisa Atsala

Atsala, Betharisa (2015) Pengembangan bahan ajar berbasis flipbook untuk mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI / Betharisa Atsala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Atsala Betharisa. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook untuk Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. (II) Bety Nur Achadiyah S.Pd. M.Sc. Kata Kunci Bahan Ajar Flipbook Perubahan dalam bidang teknologi khususnya teknologi informasi membawa paradigma baru pada learning material pada dunia pendidikan. Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis komputer memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan bahan ajar tercetak biasa. Bahan ajar berbasis flipbook merupakan salah satu solusi dalam memecahkan permasalahan kejenuhan siswa saat belajar. Pemanfaatan bahan ajar interaktif berbasis flipbook diduga mampu mengaktifkan siswa untuk belajar dengan motivasi tinggi karena ketertarikannya pada sistem multimedia yang mampu menyuguhkan tampilan teks gambar video audio dan animasi. Penggunaan bahan ajar berbasis flipbook dikemas dengan baik dan diharapkan dapat mempermudah siswa untuk belajar secara mandiri khususnya pada materi laporan keuangan perusahaan jasa. Tujuan yang ingin dicapai dalam pengembangan ini adalah dapat menghasilkan sebuah bahan ajar berbasis flipbook dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Model pengembang produk multimedia pembelajaran ini menggunakan modifikasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang terdiri dari analisis kebutuhan pengembangan produk awal validasi ahli materi dan media revisi validasi ahli uji lapangan terbatas revisi uji lapangan terbatas dan penyusunan produk akhir. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil validasi dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase. Data kualitatif berupa saran tanggapan dan kritik dari validator digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap media yang dikembangkan. Validasi isi produk dilakukan dengan menggunakan angket yang dilengkapi skala penilaian berdasarkan skala Likert. Produk akhir yang dikembangkan memiliki karakteristik berupa (1) Produk akhir memiliki berbagai konten seperti teks gambar video audio dan animasi yang dibuat dengan program Kvisoft Flipbook Maker 4.0.0 (2) Produk akhir memuat materi laporan keuangan perusahaan jasa (3) Soal evaluasi terdiri dari 20 soal pilihan ganda 5 soal benar/salah dan 1 soal essay yang dibuat dengan program Question Writer 4.2 (4) Bahan Ajar Berbasis flipbook dilengkapi dengan buku panduan penggunaan yang dirancang agar siswa mampu belajar secara mandiri. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi yang dapat diperoleh adalah ahli materi sebesar 84 16% ahli media sebesar 98 70% dan uji coba terbatas sebesar 85 42%. Sehingga apabila hasil tersebut dihitung secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 89 42% sehingga dapat disimpulkan bahawa produk bahan ajar akuntansi berbasis flipbook yang telah dikembangkan menarik perhatian siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34799

Actions (login required)

View Item View Item