Analisis pengaruh efikasi diri dan locus of control terhadap hasil belajar produktif siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri Kasiman Bojonegoro / Muhimmatul Khamidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengaruh efikasi diri dan locus of control terhadap hasil belajar produktif siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri Kasiman Bojonegoro / Muhimmatul Khamidah

Khamidah, Muhimmatul (2015) Analisis pengaruh efikasi diri dan locus of control terhadap hasil belajar produktif siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri Kasiman Bojonegoro / Muhimmatul Khamidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khamidah Muhimmatul. 2015. Analisis Pengaruh Efikasi Diri dan Locus of Control terhadap Hasil Belajar Produktif Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Negeri Kasiman Bojonegoro. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci efikasi diri locus of control hasil belajar Efikasi diri dan locus of control merupakan faktor psikologis yang dipercaya dapat mempengaruhi hasil belajar. Efikasi diri merupakan keyakinan siswa mengenai kemampuannya pada mata pelajaran produktif untuk mencapai hasil belajar yang dia targetkan sedangkan locus of control adalah pandangan atau keyakinan siswa mengenai penyebab utama keberhasilan atau kegagalannya untuk mendapatkan hasil belajar produktif yang dia targetkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efikasi diri dan locus of control memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar produktif siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri Kasiman Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksplanasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri Kasiman Bojonegoro tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 56 siswa namun karena ada satu siswa yang tidak masuk saat penelitian dilakukan maka subjek penelitian ini menjadi 55 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Karena penelitian ini meneliti seluruh populasi analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri dan locus of control memiliki pengaruh positif dengan keeratan hubungan yang lemah terhadap hasil belajar produktif siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri Kasiman Bojonegoro sehingga disarankan kepada (1) pihak sekolah untuk menghimbau dan menganjurkan guru agar membantu meningkatkan efikasi diri dan locus of control siswa (2) guru untuk membantu meningkatkan efikasi diri dan locus of control siswa (3) siswa untuk belajar meningkatkan efikasi diri dan locus of control-nya dan (4) peneliti selanjutnya untuk (a) mengambil data melalui angket dan pengamatan langsung (b) memperbaiki atau mengganti butir pernyataan angket yang tidak valid (c) melakukan pengambilan data mengenai variabel bebas dan variabel terikat pada waktu yang sama atau setidaknya dengan selisih waktu yang tidak terlalu lama (d) menggunakan nilai rata-rata atau mengukur hasil belajar dengan instrumen yang dibuat sendiri jika hasil belajar yang dijadikan obyek penelitian tidak maksimal (e) tidak menyandingkan efikasi diri dan locus of control (f) menambahkan variabel bebas dan/atau domain hasil belajar dalam penelitian serta (g) menggunakan program lain yang lebih baru atau dirasa lebih akurat untuk menganalisis data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34795

Actions (login required)

View Item View Item