Nugraheni, Alfira (2015) Pengaruh disiplin, motivasi, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X SMK Kepanjen / Alfira Nugraheni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nugraheni Alfira. 2015. Pengaruh Disiplin Motivasi dan Lingkungan Belajar Terhadap Pretstasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X SMK Kepanjen . Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universias Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suparti MP. (II) Dr. Sri Pujiningsih S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Disiplin Belajar Motivasi Belajar Lingkungan Belajar Prestasi Belajar Akuntansi. Siswa kelas X jurusan Akuntansi di SMK Kepanjen memiliki prestasi belajar yang beragam. Prestasi siswa dapat dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern diantaranya disiplin dan motivasi belajar. Dengan adanya disiplin dan motivasi yang tinggi maka siswa dapat mencapai hasil belajar yang maksimal sehingga dapat meraih prestasi yang tinggi. Sedangkan faktor ekstern salah satunya adalah lingkungan belajar. Dalam proses belajar juga memerlukan lingkungan belajar yang nyaman sehingga memudahkan siswa dalam berkonsentrasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh ssignifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi kelas X SMK Kepanjen (2) apakah ada pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi kelas X SMK Kepanjen (3) apakah ada pengaruh signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi kelas X SMK Kepanjen (4) apakah ada pengaruh signifikan antara disiplin motivasi dan lingkungan belahar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Kepanjen. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seuruh siswa kelas X SMK Kepanjen tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 171 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dan menggunakan teknik Proportional Random Sampling dan diperoleh 120 responden. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap pretasi belajar siswa kelas X SMK Kepanjen hal ini dibuktikkan dengan signifikansi sebesar 0.000 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap pretasi belajar siswa kelas X SMK Kepanjen hal ini dibuktikkan dengan signifikansi sebesar 0.009 (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap pretasi belajar siswa kelas X SMK Kepanjen hal ini dibuktikkan dengan signifikansi sebesar 0.000. Saran bagi peneliti selanjutnya sebaiknya peneliti dapat mengukur disiplin dan motivasi belajar siswa dengan cara melakukan observasi terhadap guru dengan RPP dan mengamati disiplin dan motivasi belajar siswa saat proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34792 |
Actions (login required)
View Item |