Pengaruh efikasi diri, cara belajar, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Dini Eka Mulyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh efikasi diri, cara belajar, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Dini Eka Mulyani

Mulyani, Dini Eka (2015) Pengaruh efikasi diri, cara belajar, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Dini Eka Mulyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mulyani Dini Eka. 2015. Pengaruh Efikasi Diri Cara Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suparti M.P. (II) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed. Kata Kunci Efikasi Diri Cara Belajar Lingkungan Belajar Prestasi Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari (2) Pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari dan (3) Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Eksplanatory Research. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Akuntansi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari sebanyak 180 siswa dan sampelnya sebanyak 45 siswa dengan teknik pengambilan Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Efikasi diri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa (sig sebesar 0 039 thitung 2 128 lebih besar dari ttabel 1 68) (2) Cara belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa (sig sebesar 0 042 thitung 2 097 lebih besar dari ttabel 1 68) dan (3) Lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa (sig sebesar 0 043 thitung 2 088 lebih besar dari ttabel 1 68). Saran yang dapat disampaikan penulis adalah (1) Bagi sekolah hendaknya memfasilitasi lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa (2) Bagi guru hendaknya lebih memperhatikan dan memotivasi siswa dalam belajar (3) Bagi siswa hendaknya meningkatkan efikasi dirinya dan menerapkan cara belajar yang tepat (4) Bagi peneliti lain yang melakukan penelitian yang sejenis hendaknya menambah area penelitian teknik pengumpulan data dan variabel baru sehingga dapat memperluas cangkupan penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34790

Actions (login required)

View Item View Item