Manajemen penyelenggaraan masa orientasi siswa / Ita Yulia Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen penyelenggaraan masa orientasi siswa / Ita Yulia Rahmawati

Rahmawati, Ita Yulia (2012) Manajemen penyelenggaraan masa orientasi siswa / Ita Yulia Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci manajemen MOS dan peserta didik Sistem pendidikan untuk membangun manusia seutuhnya yakni tidak hanya bertumpu pada pengembangan kemampuan intelektual saja. Sistem yang dimaksud juga harus mampu mengekspresikan dan mengaktualisasikan potensi kemanusiaan melalui pikiran perasaan jiwa dan raganya dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah agama seperti akhlak atau etika. Tujuan pendidikan secara umum bersumber pada tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasionnal Nomor 20 Tahun 2003. Masa Orientasi Siswa (MOS) dalam bidang ilmu manajemen pendidikan merupakan salah satu bagian dari Manajemen Peserta Didik (MPD). Masa Orientasi Siswa atau sering disebut juga Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan siswa baru (Wikipedia 2011 1). Oleh karena itu pengkajian ulang mengenai Manajemen Penyelenggaraan MOS secara mendalam sangat penting dan perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen MOS yang diterapkan oleh sekolah SMP Negeri 4 Malang dan MTs. Nurul Huda Malang yang mencakup (1) perencanaan penyelenggaraan MOS (2) pengorganisasian penyelenggaraan MOS (3) pelaksanaan MOS (4) penilaian penyelenggaraan MOS (5) kekuatan penyelenggaraan MOS dan (6) kelemahan penyelengaaraan MOS. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang menafsirkan dan menjelaskan suatu fenomena/peristiwa sosial secara mendalam dan alamiah. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai instrumen kunci dengan subjek penelitiannya guru dan siswa (OSIS) yang termasuk dalam kepanitiaan MOS. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informasi yang disampaikan oleh subjek penelitian pada saat wawancara dan dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan MOS. Setelah data tersebut diperoleh kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data dengan metode trianggulasi dan kecukupan referensial kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan MOS dilakukan dengan rapat antar dewan guru yang dipimpin oleh kepala sekolah selain itu juga ada rapat dengan pihak OSIS. Perencanaan ini dilakukan 2 minggu sebelum pelaksanaaan MOS (2) Penggorganisasian MOS berhubungan dengan tanggung ii jawab dan wewenang yang telah diberikan pada masing-masing orang seperti penyusunan jadwal dan pembagian tugas panitia (3) Pelaksanaan MOS dilaksanakan selama 3 hari sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Kegiatannya meliputi praMOS MOS dan pascaMOS (4) Evaluasi dilakukan dengan pemantauan kegiatan MOS dan pelaporan. Pelaporan berupa laporan berkala secara lisan dan tertulis yang dipertanggungjawabkan kepada Dinas Pendidikan dan Departemen Agama (5) Kekuatan pelaksanaan MOS berdasarkan surat keputusan Kepala sekolah dan surat keputusan dari Dinas Pendidikan Jawa Timur. Selain itu kekuatan MOS yaitu dikarenakan kekompakan dari semua panitia dalam mengarahkan siswa untuk berfikir maju ke depan (6) Kelemahan MOS disebabkan oleh terbatasnya waktu pelaksanaan yaitu selama 3 hari selain itu juga berasal dari internal sekolah seperti melatih panitia yang membutuhkan waktu lama pembagian tugas yang kurang jelas dan pelaksanaan MOS yang monoton. Berdasarkan hasil temuan penelitian agar manajemen penyelenggaraan MOS di MTs. Nurul Huda Malang dapat terlaksana baik dan lancar disarankan kepada (1) waka kesiswaan hendaknya lebih mengkoordinasi tim agar mengerti job describtion masing-masing agar tercapai tujuan MOS dengan baik. selain itu hendaknya ditingkatkan pelatihan terhadap OSIS sebelum kegiatan MOS agar sesuai dengan rencana-rencana yang telah ditetapkan (2) guru dan karyawan hendaknya mematuhi dan menjalankan tanggungjawab masing-masing sesuai job describtion. Disarankan apabila kegiatan MOS bersifat monoton maka sebaiknya kegiatan MOS harus dikemas secara inovatif agar panitia dari guru mengalami pembaruan dan bisa meningkatkan kualitas pelaksanaan MOS (3) peneliti lain Hendaknya para peneliti lain terinspirasi terhadap skripsi yang berhubungan dengan masa orientasi siswa ini agar dapat melanjutkan penelitian yang sejenis pada aspek lain dengan latar yang berbeda yang nantinya dapat bermanfaat untuk diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3479

Actions (login required)

View Item View Item