Pengembangan multimedia interaktif berbasis audiovisual powtoon pada mata pelajaran akuntansi kelas XI / Andriati Aziizah Syafitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis audiovisual powtoon pada mata pelajaran akuntansi kelas XI / Andriati Aziizah Syafitri

Syafitri, Andriati Aziizah (2015) Pengembangan multimedia interaktif berbasis audiovisual powtoon pada mata pelajaran akuntansi kelas XI / Andriati Aziizah Syafitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syafitri Andriati Aziizah. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Audiovisual PowToon Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. (II) Sulastri. S.Pd M.SA. Kata Kunci Multimedia Interaktif Audiovisual PowToon Faktor eksternal yang sangat mempengaruhi hasil pembelajaran adalah lingkungan sekolah khususnya model pembelajaran yang diterapkan dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Pemanfaatan multimedia interaktif berbasis audio visual powtoon dapat menjadi alternative dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa untuk mengatasi permasalahan kejenuhan dalam pembelajaran. Multimedia interaktif berbasis audio visual powtoon merupakan salah satu sarana agar siswa tidak jenuh dalam mengikuti pelajaran dan efek yang terbesar diharapkan siswa dapat termotivasi untuk mendalami pelajaran tersebut. Penggunaan multimedia interaktif yang dikemas sebaik mungkin dan diharapkan dapat mempermudah siswa dalam menerima materi pelajaran sehingga dapat mempelajari materi siklus akuntansi perusahaan jasa dengan mudah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian dan pengembangan ini adalah tujuan menghasilkan multimedia interaktif berbasis audio visual PowToon untuk pembelajaran akuntansi SMA kelas XI. Selain itu Penelitian dan pengembangan ini juga ditujukan untuk menguji kelayakan produk yang telah dihasilkan dan diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran akuntansi di SMA khusus nya di SMA Laboratorium UM. Model pengembangan produk multimedia pembelajaran ini menggunakan modifikasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan Borg dan Gall yang terdiri dari studi lapangan mengembangkan produk awal menyusun produk penilaian validasi media dan materi oleh tim ahli revisi produk uji coba terbatas serta revisi produk akhir hasil pengembangan. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil validasi dianalisis menggunakan analisis deskripstif persentase. Data kualitatif berupa saran tanggapan dan kritik dari validator digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap media yang dikembangkan. Validasi isi produk dilakukan dengan menggunakan angket yang dilengkapi skala penilaian berdasarkan skala Likert. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi yang dapat diperoleh adalah ahli materi sebesar 92 18% ahli media sebesar 84 05% dan uji coba terbatas sebesar 86 70%. Sehingga apabila hasil tersebut dihitung secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 87 64%. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis audio visual PowToon pada mata pelajaran akuntansi kelas XI ini dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran materi siklus akuntansi perusahaan jasa di SMA Laboratorium UM. Saran kepada pengembangan selanjutnya dapat membuat produk dengan konsep dan materi yang lain dengan cara memanfaatkan media online. ABSTRACK Syafitri Andriati Aziizah. 2015. The Development of a PowToon Audiovisual Based Interactive Multimedia in Accounting Course Class XI. Sarjana s Thesis. Department of Accounting Faculty of Economics State University of Malang. Advisors (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. (II) Sulastri. S.Pd M.SA. Keywords Interactive Multimedia PowToon Audiuvisual One of the influential external factors of learning achievement is school environment particularly implement learning model and learning media used by teachers. The Utilization of a PowToon audiovisual based interactive multimedia can be an alternative in influencing students achievement to settle diminishing in learning problems. A PowToon audiovisual based interactive multimedia is one of learning media reduce diminishing in learning and the influential effects is that students are expected to be a motivated to learn the course intensively. The utilization of interactive multimedia properly packed is expected to facilitate students in learning students in learning process so that they can learn the accounting cycle in service firms easily. The purpose of this development research is to bring out of PowToon audiovisual based interactive multimedia accounting course for class XI in high school. Besides this study is also aimed to test the feasibility of the product. A PowToon audiovisual based interactive multimedia attractive created is expected to support accounting learning process in high school especially in SMA Laboratorium UM. The development model of the learning multimedia used modification of Borg and Gall research and development procedures including pilot study early product development arranging the product assessing the validation of media and materials by experts revising the product limited trial and errors and final product revision as the results of development process. The data used in this study are quantitative and qualitative data. Quantitative data includes suggestions responses and critics by validators used as considerations in revising the media developed. The validation of product materials is accomplished by using questionnaires with Likert scale assessment. Based on the data retrieved from validation result. Material expert of 92 18% media experts of 84 05% and limited trial and errors of 86 70% we cloud get average of validation is 87 64%. From the results we can conclude that a PowToon audiovisual based interactive multimedia in accounting course for class XI is valid and feasible to be used. In learning process off accounting cycle in services firms in SMA Laboratorium UM. Suggestions for further development can make products with the concept and other material by utilizing online media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34787

Actions (login required)

View Item View Item