Rianti, Nurul Safia (2024) Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah lingkungan ditinjau kecerdasan ekologis peserta didik / Nurul Safia Rianti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rianti Nurul Safia. 2024. Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Lingkungan Ditinjau Kecerdasan Ekologis Peserta Didik Jurusan S2 Pendidikan Geografi fakultas ilmu sosial universitas negeri malang pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (2) Dr. Purwanto S.Pd. M.Si. Kata kunci PjBL Pemecahan masalah lingkungan Kecerdasan ekologis Permasalahan lingkungan saat ini semakin meluas seperti pemanasan global polusi udara dan pencemaran lingkungan. Permasalahan ini terjadi karena menurunnya tingkat pengetahuan dan pemahaman ekologis dan kerja sama dalam mewujudkan kondisi lingkungan yang berkelanjutan dan pentingnya sikap kepedulian terhadap lingkungan. Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) pengaruh model PjBL terhadap pemecahan masalah lingkungan. 2) pengaruh kecerdasan ekologis terhadap pemecahan masalah lingkungan. 3) interaksi antara model PjBL dengan kecerdasan ekologis terhadap pemecahan masalah lingkungan. Penelitian ini merupakan quasi-experiment menggunakan rancangan pretest posttest control group design. Penelitian ini juga menggunakan desain factorial 2 times 3. Sampel penelitian terdiri atas tiga kelas yang diperoleh melalui teknik purposive sampling melalui hasil kriteria ulangan siswa. Instrument untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah melalui tes essay. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan two way anova. Hasil uji hipotesis two way anova menunjukan model PjBL memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah lingkungan artinya kemampuan pemecahan masalah lingkungan siswa dapat dikembangkan melalui penggunaan model PjBL. Terdapat pengaruh kecerdasan ekologis terhadap kemampuan pemecahan masalah lingkungan artinya perbedaan kecerdasan ekologis yang tinggi sedang dan rendah dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah lingkungan. Hipotesis ketiga menunjukkan terdapat interaksi antara model PjBL dengan kecerdasan ekologis terhadap kemampuan pemecahan masalah lingkungan. Temuan ini dapat menjadi rujukan perbaikan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan yang lebih kritis dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |