Pengembangan e-modul geografi pengelolaan sumber daya alam indonesia dengan penguatan nilai qur&rsquo;ani dalam meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa / Ana Ma\'rifatul Khasanah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul geografi pengelolaan sumber daya alam indonesia dengan penguatan nilai qur&rsquo;ani dalam meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa / Ana Ma\'rifatul Khasanah</p>

Khasanah, Ana Ma'rifatul (2024) Pengembangan e-modul geografi pengelolaan sumber daya alam indonesia dengan penguatan nilai qur&rsquo;ani dalam meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa / Ana Ma\'rifatul Khasanah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan e-modul mata pelajaran geografi materi sumber daya alam untuk kelas XI IPS 1 SMAN 1 Bangorejo dengan penguatan nilai-nilai qur rsquo ani berdasarkan dua bagian utama yaitu permasalahan dan rekomendasi berdasakan penelitian sebelumnya. Pada bagian pertama adalah permasalahan di kelas dibuktikan dengan implementasi fokus aspek kognitif bahan ajar berupa sekumpulan kertas tidak disertakan ilustrasi visual konten materi terlalu banyak dan rumit hasil rata-rata ulangan harian kateogri cukup yaitu 64 78 Sedangkan rekomendasi penelitian sebelumya digunakan sebagai landasan dalam mengembangkan produk bahan ajar yang efektif sehingga meningkatan pemahaman konsep dan minat belajar siswa. E-Modul memadukan perkembangan teknologi mengunakan Apk dalam bentuk flipbook. Tujuan penelitian dan pengembangan menghasilkan e-modul dan efektivitas pengelolaan sumber daya alam Indonesia sebagai penguatan nilai-nilai qur rsquo ani dan mengetahui efektivitas e-modul Pengembangan bahan ajar dilaksanakan mengunakan metode pengembangan Research dan development dengan mode dari Branch (2010) yang terdiri dari 5 fase yaitu Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Pengembangan bahan ajar setelah uji coba produk pada tahap implementasi dilanjutkan pada tahap menguji kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar. Validasi di laksanakan oleh ahli media materi dan agama. Instrumen validasi mengunakan kuisioner dan lembar komentar dan saran kemudian tahap uji coba di laksanakan kepada siswa XI IPS 1 SMA N 1 Bangorejo. Hasil validasi dan uji coba menggunakan kriteria dalam bentuk presentase. Hasil produk dari penelitian ini adalah E-Modul dalam bentuk Flibook dengan bantuan apk. Konten E-Modul berbeda dengan e-modul yang sebelumnya dengan karakteristik penguatan nilai-nilai qur rsquo ani dengan akhir pembelajaran berupa kegiatan siswa sehingga pembelajaran sehingga ada kebermaknaan dalam belajar dan ada keterpaduan antara aspek kognitif psikomotorik dan afektif. Hasil analisis uji validasi oleh ahli media 95 5% kategori valid ahli materi 92% kategori valid ahli agama 90% kategori valid dari ketiga ahli tersebut di kategorikan media e-modul valid. Tahap selanjnya uji kelompok kecil memperoleh 90 % kategori valid dan uji kelompok besar diperoleh 82% yang termasuk dalam kateori valid. Selanjutnya uji pemahaman konsep siswa dan minat belajar mengunakan pretest dan posttest. Hasil yang dipoeroleh mengalami peningkatan 22 60% dan minat belajar meningkat sebanyak 15 94%.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347847

Actions (login required)

View Item View Item