E-book interaktif terintegrasi kearifan lokal iraw tengkayu sebagai sumber belajar kontekstual geografi / Valdesta Rashendy Salim</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

E-book interaktif terintegrasi kearifan lokal iraw tengkayu sebagai sumber belajar kontekstual geografi / Valdesta Rashendy Salim</p>

Salim, Valdesta Rashendy (2023) E-book interaktif terintegrasi kearifan lokal iraw tengkayu sebagai sumber belajar kontekstual geografi / Valdesta Rashendy Salim</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemanfaatan teknologi menjadi semakin penting jika kita sebagai generasi penerus ingin mewujudkan keterampilan belajar berkreasi bekerja memanfaatkan media dan teknologi informasi serta menyesuaikan hidup dengan life skill. Pengenalan teknologi sangat memudahkan akses informasi menjadikan pendidikan lebih efektif dan efisien. Disamping itu efek teknologi ini juga menyebabkan siswa kurang memperhatikan budaya lokal. Sumber belajar masih belum banyak tersedia dan siswa masih jarang menggunakannya. Baik guru maupun siswa belum memanfaatkan Sumber Belajar tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga menyebabkan rendahnya kualitas pembelajaran. Pemanfaatan buku elektronik sebagai sumber belajar siswa merupakan salah satu contoh penerapan teknologi dalam dunia pendidikan. E-book merupakan sumber belajar yang dapat diakses kapan saja melalui perangkat elektronik dan tersedia dalam versi digital yang dapat menampilkan teks foto dan video. Studi ini bermaksud guna membuat sumber pengajaran tambahan tentang budaya lokal dan mengevaluasi kelayakan sumber daya tersebut. Guna memperoleh produk yang spesifik jenis studi ini dikenal dengan Research and Development (RD). Penelitian ini mengembangkan Sumber Belajar E-Book dengan nama ldquo The Iraw Tengkayu rdquo . Model ADD yang diadaptasi dari ADDIE versi Branch 2009 ialah model studi yang diterapkan. Model ADD diterapkan sebab penelitian ini difokuskan pada menguji tingkat kevalidan produk sehingga tidak perlu untuk dilanjutkan sampai pada tahapan implentasi dan evaluasi. Pada pelaksanaanya tahapan yang dilakukan yaitu berupa analisis desain pengembangan. Subjek uji coba adalah guru geografi dan 37 siswa pelajar kelas XII IIS 1 SMA Negeri 1 Tarakan. Berdasarkan hasil total skor angket uji coba e-book ldquo The Iraw Tengkayu rdquo menunjukan e-book ini masuk ke dalam kualifikasi sangat layak oleh 15 siswa dengan 40 54% dan 22 siswa lainnya layak dengan 59 46%. Terdapat 4 aspek untuk melihat kelayakan e-book ini yakni aspek kemenarikan minat dan motivasi kesesuaian dan pemahaman. Rata-rata nilai dari aspek kemenarikan adalah 85.81 aspek kesesuaian adalah 85.14 aspek minat dan motivasi adalah 85.14 dan aspek pemahaman adalah 84.97 sehingga ata-rata keseluruhan nilai tanggapan siswa terhadap kelayakan sebesar 85.26 terklasifikasikan sangat layak. Hasil akhir Sumber Belajar ini yaitu ebook ldquo The Iraw Tengkayu rdquo yang dapat disebarluaskan melalui tautan dan dapat diunduh serta disimpan menjadi softfile melalui penyimpanan seperti CD DVD flashdisk dan harddisk

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347844

Actions (login required)

View Item View Item