Pengaruh model pembelajaran problem based learning dipadu metode debat terhadap argumentasi dan kemampuan berpikir kritis dalam mata pelajaran geografi /&nbsp; Rian Nanda Bagus Wahyu P.</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning dipadu metode debat terhadap argumentasi dan kemampuan berpikir kritis dalam mata pelajaran geografi /&nbsp; Rian Nanda Bagus Wahyu P.</p>

P., Rian Nanda Bagus Wahyu (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning dipadu metode debat terhadap argumentasi dan kemampuan berpikir kritis dalam mata pelajaran geografi /&nbsp; Rian Nanda Bagus Wahyu P.</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan argumentasi sangat diperlukan baik di dalam ruang pembelajaran maupun dalam lingkungan sosial hal tersebut bertujuan untuk memecahkan sebuah permasalahan yang dihadapi. Kemampuan berpikir kritis dan argumentasi dapat dibentuk melalui model dan metode pembelajaran yang tepat. Model problem based learning dipadu debat merupakan model pembelajaran yang melatih peserta didik untuk berpikir kritis memecahkan masalah dan berkolabrosi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model problem based learning dipadu debat terhadap kemampuan berpikir kritis dan argumentasi dalam mata pelajaran geografi. Penelitian ini merupakan jenis quasi eksperimen dengan model pretest dan posttest control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik xi ips Tahun ajaran 2020/2021. Kelas xi ips 1 sebagai kelas eksperimen sejumlah 29 peserta didik dan kelas xi ips 2 sebagai kelas kontrol sejumlah 31 peserta didik. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh model problem based learning Dipadu debat terhadap kemampuan berpikir kritis ada pengaruh model problem based learning dipadu debat terhadap argumentasi dan ada pengaruh argumentasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Analisis data menggunakan uji hipotesis penelitian menggunakan uji Anova dengan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning Dipadu debat terhadap kemampuan berpikir kritis. Selanjutnya argumentasi peserta didik menunjukkan nilai signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh problem based learning Dipadu debat terhadap argumentasi peserta didik. Selain itu model problem based learning dipadu debat juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari argumentasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347842

Actions (login required)

View Item View Item