Hidiyah, Tabita May (2023) Pengaruh media pembelajaran video animasi berbasis geospasial terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi mitigasi bencana tsunami / Tabita May Hidiyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir kritis atau critical thingking merupakan kemampuan yang ada dalam diri seseorang kemampuan yang tidak hanya memahami secara mendalam namun juga mampu memberikan solusi mengenai permasalahan yang ada. Media pembelajaran merupakan alat penyampaian informasi mengenai materi untuk mempermudah menangkap materi pembelajaran. Pengunaan media sebagai strategi mendorong siswa berpikir kritis dilakukan dengan upaya penggunaan media pembelajaran. Khususnya pada materi mitigasi bencana alam peserta didik tidak hanya memahami apa dan seperti bencana namun juga dapat berkontribusi dalam pemecahan permasalahn bencana yang ada. Dimana dapat diketahui Indonesia merupakan wilayah yang rawan terhadap bencana sehingga untuk meningkatkan pengetahuan kebencanaan sejak dini dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis. Upaya peningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada masalah kebencanaan salah satunya dapat dipecahkan dengan penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar. Salah satu media yang dapat digunakan sebagai solusi masalah tersebut yakni penggunaan media pembelajaran video. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk melihat adakah pengaruh penggunaan media terhadap kemampuan berpikir kritis. Media pembelajaran yang diterapkan yaitu media video animasi berbasis geospasial submateri mitigasi bencana tsunami. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil tes peserta didik dengan model soal essay. Pendekatan quasi eksperimen yang digunakan studi ini juga menggunakan desain pretest-posttest. Data hasil test diolah menjadi data gainscore kedua kelas. Berikutnya Uji Independent Sample t-test dilakukan menguji temuan data serta menentukan hasilnya. Siswa dari kelas XI IPS 1 dan 3 di SMAN Pesanggaran di Kabupaten Banyuwangi berpartisipasi sebagai subjek penelitian ini. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol berdasarkan dengan menggunakan pendekatan purposive sampling. Kelas eksperimen merupakan XI IPS 1 sedangkan XI IPS 3 menjadi kelas kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan video animasi berbasis geospasial berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan hasil uji sebesar 0 000 lt 0 005. Peningkatan kemampuan berpikir kritis didukung dari hasil tes yang telah dilakukan pada kedua kelas. Kelas eksperimen memperoleh peningkatan sebesar 76% lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya meningkat sebesar 39% dengan selisih 36 59%. Perbedaan penggunaan media pembelajaran mengarah pada kesimpulan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis geospasial dapat meningkatkan mendorong kemampuan siswa. Saran kepada pendidik atau guru untuk memanfaatkan penggunaan media pembelajaran pada kegiatan belajar guna meningkatkan kemampuan peserta didik khususnya kemampuan berpikir kritisnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |