Farizy, Ahmad Hidayatus Salfanil (2022) Pengembangan media animasi geografi materi kondisi geografis Indonesia untuk kelas inklusi / Ahmad Hidayatus Salfanil Farizy</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Farizy Ahmad Hidayatus Salfanil. 2021. Pengembangan Media Animasi Geografi Materi Kondisi Geografis Indonesia Untuk Kelas Inklusi. Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. (I) Dr. Budi Handoyo M.Si. (II) Drs. I Komang Astina M.S Ph.D. Kata Kunci Media Animasi Kondisi Geografis Indonesia Kelas Inklusi. Karakteristik siswa berkebutuhan khusus yakni mereka yang memiliki hambatan dalam melakukan aktivitasnya atau yang secara signifikan mengalami kelainan penyimpangan baik mental-intelektual fisik sosial dan emosional dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya namun terdapat beberapa siswa yang masih mampu untuk mengikuti kelas reguler karena hambatan bagi siswa berkebutuhan khsuus tingkatannya berbeda-beda. Alternatif wadah pembelajaran bagi kondisi tersebut adalah sekolah inklusi yang didalamnya mengintegrasikan semua siswa termasuk anak berkebutuhan khusus di dalam satu kelas. Adanya sekolah inklusi ini merupakan bentuk pemerataan pendidikan tanpa diskriminasi sehingga anak normal dan anak berkebutuhan khusus dapat memperoleh layanan pendidikan yang sama. Media bantu yang dipilih untuk mengakomodasi pembelajaran bagi keberagaman siswa dikelas adalah animasi media animasi ini dipilih karena dapat menstimulus melalui beberapa indera sekaligus dan juga lebih banyak diminati kalangan pelajar. Penggunaan efek pada animasi juga sangat efektif untuk menarik perhatian siswa dalam situasi pembelajaran. Maka dari itu dikarenakan media pembelajaran untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa tersebut belum banyak ditemui sehingga penelitian dan pengembangan ini dirasa efektif untuk menunjang tujuan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE (analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi). Metode ini dipilih karena model pengembangannya disusun secara sistematis yang disesuaikan dengan landasan teori desain pembelajaran sehingga urutan kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan sumber belajar disesuaikan dengan kebutuhan siswa di sekolah. Subjek penelitian in yakni siswa kelas VII SMP Permatajingga sebanyak 18 siswa. Kegiatan penelitian dan pengembangan ini melalui 5 langkah setelah menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa kemudian dilakukan desain untuk pengembangan media pada tahap pengembangan ini dilakukan validasi oleh ahli media ahli materi guru dan juga uji coba pada siswa. Pada uji coba penggunaan kepada siswa dilakukan 2 tahap yakni pre test dan post test. Pada tahap pre test siswa diberi test tanpa bantuan media adapun tahap kedua yakni post test dimana siswa diberi media sebagai alat bantu untuk memahami materi. Penelitian dan pengembangan ini didapatkan hasil bahwa media animasi geografi layak digunakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi oleh ahli media pembelajaran sebesar 98 5% validasi ahli materi sebesar 73 3% validasi oleh praktisi di sekolah sebesar 72 5%. Hasil dari uji kepada siswa melalui pre test didapatkan distribusi hasil sebesar 12% pada kategori tinggi 45% pada kategori sedang dan 39% pada kategori rendah sedangkan hasil post test didapatkan distribusi nilai persentase terbesar yakni 27% pada kategori sanat tinggi 16% pada kategori tinggi dan 38% pada kategori sedang. Maka jika disimpulkan dari hasil tersebut diketahui ada peningkatan hasil belajar setelah diberi media animasi geografi yakni pada kategori sangat tinggi sebesar 27%. Hasil total dari keseluruhan proses validasi ini adalah 81% dimana termasuk dalam kategori cukup valid layak digunakan dalam proses pembelajaran dan juga dapat meningkatkan hasil pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347830 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |