Dewi, Tri Sukma (2022) Pengaruh <em>geographical inquary learning</em> terhadap <em>problem solving ability</em> ditinjau dari kecerdasan visual-spasial / Tri Sukma Dewi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dewi Tri Sukma. 2022. Pengaruh Geographical Inquiry Learning Terhadap Problem Solving Ability Ditinjau Dari Kecerdasan Visual-Spasial Program S2 Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (2) Syamsul Bachri S.Si. M.Sc. Ph.D. Kata Kunci Geographical Inquiry Learning Problem Solving Ability Kecerdasan Visual-Spasial Geographical inquiry learning adalah model pembelajaran yang menekankan pada pengembangan aspek spasial kognitif afektif dan psikomotor yang seimbang agar pembelajaran dengan teknik ini menjadi lebih bermakna. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh geographical inquiry learning terhadap problem solving ability (2) mengetahui pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap problem solving ability dan (3) mengetahui interaksi geographical inquiry learning dan kecerdasan visual-spasial terhadap problem solving ability. Rancangan penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian quasi experiment dengan menggunakan nonequivalent control group design. Hasil perolehan data berupa nilai one way ANOVA pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Probolinggo dan SMA Negeri 2 Probolinggo. Subjek penelitian ini terdiri dari 144 peserta didik dengan dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan antara geographical inquiry learning terhadap problem solving ability (2) tidak terdapat pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap problem solving ability dan (3) tidak terdapat interaksi antara geographical inquiry learning dan kecerdasan visual-spasial terhadap problem solving ability. Saran yang dapat diajukan yaitu bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih lanjut terkait pengaruh geographical inquary learning terhadap variabel bebas lainnya seperti kemampuan berpikir spasial dan kemampuan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347822 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |