Pengembangan student worksheet digital geografi berbasis project based learning guna menumbuhkan keterampilan pemetaan digital dan berpikir spasial peserta didik / Ilyas Madani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan student worksheet digital geografi berbasis project based learning guna menumbuhkan keterampilan pemetaan digital dan berpikir spasial peserta didik / Ilyas Madani</p>

Madani, Ilyas (2022) Pengembangan student worksheet digital geografi berbasis project based learning guna menumbuhkan keterampilan pemetaan digital dan berpikir spasial peserta didik / Ilyas Madani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran materi pokok pengetahuan dasar pemetaan dalam mata pelajaran geografi kelas X SMA/MA seyogianya dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan keterampilan pemetaan digital dan berpikir spasial peserta didik. Namun keterbatasan pendidik dan bahan ajar yang tersedia di sekolah belum menunjang pencapaian keterampilan tersebut. Oleh karena itu pengembangan bahan ajar perlu dilakukan guna memfasilitasi pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran materi pokok pengetahuan dasar pemetaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa student worksheet digital geografi berbasis PjBL dan mengetahui efektivitasnya dalam menumbuhkan keterampilan pemetaan digital dan berpikir spasial peserta didik. Pengembangan bahan ajar menggunakan model pengembangan ADDIE. Bahan ajar yang dihasilkan dinilai kelayakan penggunaanya oleh validator ahli isi penyajian serta bahasa. Bahan ajar yang telah layak kemudian diuji cobakan pada 31 peserta didik kelas X.7 SMAN Malang. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki kualitas yang baik. Aspek isi penyajian dan bahasa dari bahan ajar secara berturut-turut memperoleh persentase nilai sebesar 83% 84% dan 87% yang tergolong sangat valid dan berarti layak untuk digunakan. Sementara itu hasil uji coba menunjukkan bahwa bahan ajar mendapatkan tanggapan yang baik dari pendidik dan peserta didik dengan persentase nilai sebesar 89% dan 85%. Bahan ajar juga efektif dalam menumbuhkan keterampilan pemetaan digital dan berpikir spasial peserta didik dengan persentase nilai ketuntasan hasil belajar sebesar 97%.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347820

Actions (login required)

View Item View Item