Pengaruh TGT (Teams Games Tournament) terhadap hasil belajar materi laporan keuangan perusahaan jasa siswa kelas XI AK-1 pada mata pelajaran akuntansi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Octa Dwi Christiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh TGT (Teams Games Tournament) terhadap hasil belajar materi laporan keuangan perusahaan jasa siswa kelas XI AK-1 pada mata pelajaran akuntansi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Octa Dwi Christiawan

Christiawan, Octa Dwi (2015) Pengaruh TGT (Teams Games Tournament) terhadap hasil belajar materi laporan keuangan perusahaan jasa siswa kelas XI AK-1 pada mata pelajaran akuntansi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Octa Dwi Christiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Christiawan Octa Dwi. 2015. Pengaruh TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Materi Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Siswa Kelas XI AK-1 Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.H.Sumadi S.E MM (II) Sriyani Mentari S.Pd M.M Kata kunci Model Teams Games Tournament Hasil Belajar Berdasarkan kegiatan praktik pengalaman lapangan yang telah dilakukan peneliti di SMK Muhammadiyah 3 Singosari peneliti menemukan guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dimana dominasi guru yang lebih utama (teacher centered). Alasan utama penggunaan metode ini adalah sederhan mudah diterapkan dan tidak menyita banyak waktu. Dan peneliti juga melihat masih banayak siswa yang masih kurang memenuhi Standart Kelulusan Minimum. Berbagai model dan metode pembelajaran telah dikembangkan dalam rangka meningkatkan keterlibatan siswa dalam menguasai pelajaran. Salah satu pembelajaran yang berkembang adalah pembelajaran koopertif (Cooperative Learning). Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian kuantitatif yang dirancang sebagai penelitian eksperimen dengan bentuk eksperimen semu (quasi experimental design ). Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI AK SMK Muhammadiyah 3 Singosari yang karakteristik siswanya mempunyai kemampuan yang homogen. Sehingga peneliti menggunakan kelas XI AK 1 sebagai kelas eksperimen sedangkan XI AK 2 sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa di kelas XI AK 1 28 siswa dan XI AK 2 berjumlah 31 siswa di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Teknis pengumpulan data melalui lembar observasi wawancara tes penguasaan materi. Dan anlisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) bagi Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Singosari dapat menjadi pertimbangan untuk memperbaiki sistem pembelajaran agar terjadi perbaikan pada kualitas pembelajaran yang inovatif dan kreatif serta dapat membuat hasi belajar lebih baik. (2) untuk guru sebaiknya dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Tipe Games Tournament (TGT) yang disertai dengan adanya permainan dalam pembelajaran dan adanya suatu kompetisi antar kelompok membuat hasil belajar siswa dapat meningkat. (3) untuk siswa harus lebih mandiri dan bisa membangun pengetahuannya sendiri serta dapat berpikir cepat dan tepat untuk menghadapi kompetisi di kelas. (4) penelitian selanjutnya agar mengukur hasil belajar dalam ranah afektif. Dan melakukan penelitian melalui nilai kelompok juga tidak hanya gainscore saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34782

Actions (login required)

View Item View Item