Pengembangan buku digital berbasis STEM dan keruangan untuk meningkatkan keterampilan berpikir Geografi Materi Hidrosfer / Virna Hariani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku digital berbasis STEM dan keruangan untuk meningkatkan keterampilan berpikir Geografi Materi Hidrosfer / Virna Hariani</p>

Hariani, Virna (2022) Pengembangan buku digital berbasis STEM dan keruangan untuk meningkatkan keterampilan berpikir Geografi Materi Hidrosfer / Virna Hariani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pentingnya peneliti mengembangkan buku digital juga didukung dari urgensi STEM dan keruangan dalam bahan ajar dilihat dari sudut pandang geografi. Standar nasional geografi menyatakan keterampilan berpikir geografi penting dimiliki siswa dalam Pendidikan. Dari hasil observasi analisis dan perkembangan teknologi maka dirasa peneliti mengembangkan buku digital berbasis pendekatan STEM dan keruangan untuk meningkatkan keterampilan berpikir geografi siswa pada materi hidrosfer. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan buku digital geografi dengan sajian tampilan sederhana menarik bersifat afeksi berwarna memuat gambar video animasi tautan tabel peta dan infografis yang dapat diakses dalam aplikasi Flip PDF Corporate Edition dengan pendekatan STEM dan Keruangan. Kemudian mengetahui efektivitas produk buku digital terhadap kemampuan berpikir geografi SMA. Buku digital dikembangkan menggunakan model ADDIE. Lokasi penelitian di SMAN 12 Berau. Subyek penelitian adalah X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu yaitu preposttest control group design. Buku akan di validasi oleh validator ahli materi dan media sebelum di uji cobakan nilai yang diperoleh adalah 95% dan 96%. Setelah di uji cobakan peneliti mengumpulkan angket respon siswa dan mendapat nilai 91%. Hasil uji coba soal tes valid dengan tingkat signifikansi 5% ( alpha ) 0 361 reliabilitas sebesar 0 642 (tinggi). Data terdistribusi normal menunjukkan taraf 0 200 gt 0 05. Data homogen menunjukkan taraf 0 055 gt 0 05. Hasil independent sample t-test Sig. (2-tailed) 0 000 lt 0 05. Hipotesis penelitian adalah siswa yang menggunakan buku digital STEM dan keruangan memperoleh keterampilan berpikir geografi yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan buku konvensional. Artinya buku digital STEM dan keruangan berpengaruh untuk mengembangkan berpikir geografi siswa SMAN 12 Berau. Hal ini secara keseluruhan kelayakan dan keefektivitasan produk buku digital digunakan dalam pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan buku zaman millenial.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347816

Actions (login required)

View Item View Item