Pengaruh Computer Based Test (CBT) berbantuan Hot Potatoes dan motivasi terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMAN 5 Kota Malang / Faradila Anggita Ratri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Computer Based Test (CBT) berbantuan Hot Potatoes dan motivasi terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMAN 5 Kota Malang / Faradila Anggita Ratri

Ratri, Faradila Anggita (2015) Pengaruh Computer Based Test (CBT) berbantuan Hot Potatoes dan motivasi terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMAN 5 Kota Malang / Faradila Anggita Ratri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratri Faradila Anggita. 2015. Pengaruh Computer Based Test (CBT) Berbantuan Hot Potatoes dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMAN 5 Kota Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suparti M.P (2) Drs. H. Sumadi S.E M.M. Kata Kunci evaluasi computer based test (cbt) motivasi belajar hasil belajar Evaluasi merupakan penilaian terhadap tingkat keberhasilan siswa mencapai tujuan belajar yang telah ditetapkan dalam sebuah program. Kegiatan evaluasi yang dilaksanakan di sekolah pada umumnya masih menggunakan metode konvensional yaitu pencil-paper test yang dinilai kurang dapat dipertanggung jawabkan validitasnya. Evaluasi berbasis komputer atau lebih dikenal dengan CBT (computer based test) merupakan alternatif solusi yang dapat membantu melengkapi kekurangan evaluasi dengan sistem konvensional. CBT merupakan suatu metode administrasi tes yang dilakukan secara elektronik dan dicatat dinilai atau keduanya. CBT merupakan turunan dari Computer Assisted Instruction (CAI) yang dilengkapi dengan audio video penskoran dan layanan autorun. Implementasi evaluasi berbasis CBT diharapkan dapat meningkatkan kemauan belajar sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan validitas hasil belajar siswa. Kondisi motivasi belajar juga perlu diperhitungkan sebagai variabel yang mempengaruhi hasil belajar hasil penelitian terdahulu mengemukakan bahwa siswa dengan motivasi belajar tinggi memperoleh hasil belajar lebih baik dibanding siswa dengan motivasi belajar rendah. Berdasarkan uraian diatas maka perlu dilakukan verifikasi teori berdasarkan data empirik apakah CBT berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa Apakah hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik dari hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan kata lain apakah motivasi berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa Apakah terdapat interaksi antara implementasi CBT dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa Penelitian ini menggunakan rancangan desain Quasi Experimental Factorial 2 2. Subjek penelitian adalah semua kelas XI IPS SMAN 5 Kota Malang Tahun Pelajaran 2014/2015 60 siswa. Kelompok eksperimen memperoleh perlakuan berupa tes berbasis komputer menggunakan softwarehot potatoes kelompok kontrol memperoleh perlakuan tes secara konvensional (pencil-paper test). Instrumen angket motivasi belajar digunakan untuk memperoleh data tentang tingkatan motivasi belajar siswa. Instrumen tes hasil belajar digunakan untuk memperoleh data hasil belajar akuntansi siswa. Uji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan analisis varian dua jalur (Two Way ANOVA). Uji Pairwise Comparison digunakan sebagai analisis data lanjutan dari analisis varian untuk mengetahui perbedaan secara signifikan antara dua kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Mean hasil belajar kelompok eksperimen CBT berbantuan hot potatoes ( 83 3) lebih tinggi dari mean hasil belajar kelas kontrol yaitu evaluasi secara konvensional (pencil-paper test) ( 76 5) Mean hasil belajar kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi ( 83 6) dari kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah ( 76 5) Terdapat interaksi antara faktor tes berbasis komputer (CBT) dan motivasi terhadap hasil belajar. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah (1)kelompok siswa yang melakukan evaluasi berbasis komputer (CBT) lebih unggul dari kelompok siswa yang melakukan evaluasi secara konvensional dalam hal hasil belajar. Dengan kata lain CBT berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa (2) kelompok siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi memiliki hasil belajar lebih baik dari kelompok siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah (3) terdapat interkasi implementasi kedua faktor terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34781

Actions (login required)

View Item View Item