Enggarwati, Ari (2022) Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir spasial dan hasil belajar siswa SMA Negeri 7 Kota Malang / Ari Enggarwati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ari Enggarwati. 2022 Pengaruh Model Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir spasial dan hasil belajar Pada Kelas XI IPS 1 dan 5 SMAN 7 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. tesis Jurusan Geografi Falkutas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M. Pd (II) Satti Wagistina S. P M. Si Kata Kunci Discovery Learning berpikir spasial hasil belajar Discovery merupakan kemampuan menganalisis ide atau gagasan dari berbagai sumber informasi hingga menentukan keputusan secara rasional . Kemampuan berpikir spasial dan hasil belajar menjadi aspek penting yang harus dimiliki siswa pada pembelajaran Kurikulum 2013 termasuk dalam mata pelajaran geografi . Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir spasial dan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran adalah dengan melibatkan keaktifan siswa . Model pembelajaran discovery merupakan model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk berpikir spasial dan hasil belajar melaui aktivitas yang siswa lakukan selama pembelajaran . Sintak dalam pembelajaran discovery adalah 1 ) orientation ( orientasi ) 2 ) problem statement ( identifikasi masalah ) 3 ) data collection ( pengumpulan data ) 4 ) data processing ( pemrosesan data ) 5 ) verification ( pembuktian ) 6 ) generalization ( penarikan kesimpulan ). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran discovery berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi mitigasi bencana . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan termasuk dalam penelitian kuantitatif . Desain penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest kontrol group design . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 5 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol . Insturumen penelitian yang digunakan yaitu merupakan soal esai yang sudah melalui uji validitas dan uji reliabilitas . Hasil pengujian instrumen penelitian yaitu soal layak dan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir spasial dan hasil belajar siswa . Teknik analisis data menggunakan menggunakan uji - t independent sample t tets berbantuan SPSS 16 for windows yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan rata - rata nilai siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol . Pengambilan keputusan dilakukan dengan melihat taraf signifikansi apabila nilai sig . lt 0 05 maka H diterima dan Ho ditolak. Penelitian ini menggunakan uji Non-Parametric Test dengan mengunakan Mann-Whitney dalam menguji hipotesisnya dikarenakan dalam penelitian ini data yang diperoleh tidak terdistribusi normal. Dari hasil uji hipotesis terhadap Berpikir Spasial dan Hasil Belajar geografi diperoleh nilai signifikan 0 00. Dari hasil tersebut maka nilai signifikan lt 0 05 dan nilai rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 57 75 dibandingkan dengan nilai rata-rata gain score kelas kontrol yaitu 35 15. Berdasarkan kriteria tersebut maka H0 ditolak dan Ha diterima sebagai hasil penelitian sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery berpengaruh terhadap Berpikir Spasial dan Hasil Belajar geografi siswa SMA Negeri 7 Malang. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran discovery dapat digunakan guru sebagai alternatif untuk melatih kemampuan berpikir spasial dan hasil belajar siwa . Penggunaan model pembelajaran disesuaikan dengan materi pembelajaran agar tercapainya tujuan pembelajaran dengan baik .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |