Ristianingsih, Iis (2015) Pengaruh teknik peta konsep dan teknik permainan terhadap hasil belajar dan motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 6 Malang / Iis Ristianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ristianingsih Iis. 2014. Pengaruh Teknik Peta Konsep dan Teknik Permainan Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak. CA. (2) Bety Nur Achadiyah S.Pd M.Sc. Kata Kunci Teknik peta konsep teknik permainan hasil belajar motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan pengaruh teknik peta konsep dan teknik permainan terhadap hasil belajar akuntansi siswa dan (2) perbedaan pengaruh teknik peta konsep dan teknik permainan terhadap motivasi belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa SMA Negeri 6 Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling sebanyak 32 orang siswa pada kelas XI IPS 5 untuk diberikan treatment teknik peta konsep dan 32 orang siswa pada kelas XI IPS 4 untuk diberikan treatment teknik permainan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumen tes dan angket. Instrumen penelitian berupa tes kinerja tes tertulis dengan bentuk objektif dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial bentuk uji beda independent sample t test dan Mann Whitney U dengan menggunakan software SPSS versi 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan pengaruh secara signifikan penggunaan teknik peta konsep dan teknik permainan terhadap hasil belajar akuntansi siswa dan (2) tidak terdapat perbedaan pengaruh secara signifikan penggunaan teknik peta konsep dan teknik permainan terhadap motivasi belajar akuntansi siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh penggunaan teknik peta konsep dengan teknik permainan tehadap hasil belajar akuntansi siswa dan tidak ada perbedaan pengaruh penggunaan teknik peta konsep dengan teknik permainan tehadap motivasi belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34780 |
Actions (login required)
View Item |