Otoluwa, Yemima (2022) Pengembangan media peta berbasis web untuk mata pelajaran geografi materi sistem informasi geografis / Yemima Otoluwa</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya pembaharuan dan pemanfaatan hasil teknologi dalam proses belajar. Salah satu variabel dalam proses pembelajaran adalah penggunaan media untuk mendorong proses belajar siswa. Media sebagai alat untuk memudahkan penyampaian informasi atau materi dari pengajar kepada siswanya. Hasil analisis kebutuhan menyimpulkan penggunaan media pembelajaran sangat dibutuhkan oleh siswa dan guru untuk menunjang pembelajaran di kelas. Situasi pandemi saat ini menjadi tantangan bagi kreativitas guru dalam menggunakan teknologi untuk proses pembelajaran. Penggunaan teknologi pada media pembelajaran seperti website dapat menjadi alternatif dalam kondisi saat ini. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengembangkan media peta berbasis web pada materi sistem informasi geografis (2) mengetahui kelayakan pengembangan media peta berbasis web (3) mengetahui keefektifan penggunaan media peta berbasis web. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation dan Evaluation) dengan prosedur penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menganalisis kebutuhan untuk menentukan masalah dan solusi yang tepat (2) menentukan media pembelajaran menyusun kerangka media serta peta kebutuhan media dan menyusun instrumen penelitian (3) mengembangkan media sesuai dengan rancangan penelitian dan melakukan validasi ahli materi dan ahli media (4) mengujicobakan media pada siswa kelas xii membagikan agket respon siswa dan respon guru serta melakukan tes kepada siswa setelah pembelajaran (5) melakukan evaluasi terhadap penggunaan media Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan produk media pembelajaran pada materi sistem informasi geografis yang dikategorikan layak dengan revisi. Rata-rata nilai validasi ahli sebesar 89.56%. artinya media yang dikembangkan telah layak dan dapat dilanjutkan ke tahap uji coba lapangan. Hasil uji keefektifan media oleh guru dan siswa memperoleh rata-rata nilai 90.48% dengan kriteria efektif. Tes yang dilakukan setelah pembelajaran menunjuka.n ketuntasan siswa setelah belajar dengan menggunakan media pembelajaran. Tes ini menunjukan ketuntasan belajar siswa dapat dikategorikan dengan baik yang dilihat keseluruhan siswa yang tuntas dalam tes yang dilakukan. Hasil tes ini memperoleh rata-rata ketuntasan klasikan sebesar 83.75%
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347798 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |