Lailiya, Adinda Ayu Minnathul (2022) Pengembangan instrumen tes kemampuan berpikir spasial model jo and bednarz secara interaktif berbasis mobile learning / Adinda Ayu Minnathul Lailiya</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Di era 4.0 peserta didik membutuhkan kemampuan berpikir spasial untuk memecahkan masalah dan menghadapi tantangan yang ada. Kemampuan berpikir spasial dapat diketahui dari hasil pengukuran melalui tes. Namun hingga saat ini instrumen tes atau alat ukur kemampuan berpikir spasial hanya dirumuskan sebagai indikator saja dan belum memperoleh validitas instrumen terbaik. Belum dirumuskannya instrumen tes kemampuan berpikir spasial dengan tepat dapat diketahui dari beberapa soal yang ada di sumber belajar tidak mencerminkan pertanyaan berpikir spasial sehingga perlu dikembangkan dalam kerangka yang lebih luas. Peneliti memilih Indikator kemampuan berpikir spasial Model Jo amp Bednarz dikarenakan memiliki tingkatan atau sub kategori pada setiap kategori utama kemampuan berpikir spasial sehingga dapat membedakan berbagai tingkatan keabstrakan atau kesulitan dalam kategori tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian dan pengembangan (R amp D) menggunakan model pengembangan Borg amp Gall (2003). Model Borg amp Gall diimplementasikan dalam tujuh tahap antara lain 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi 2) perencanaan 3) pengembangan produk tahap awal 4) pengujian produk tahap awal 5) evaluasi produk tahap awal 6) pengujian produk utama dan 7) evaluasi produk tahap akhir. Penelitian ini menghasilkan produk berupa instrumen tes kemampuan berpikir spasial Model Jo amp Bednarz untuk peserta didik secara interaktif berbasis Mobile Learning. Penelitian ini mendapatkan hasil berupa alat ukur kemampuan berpikir spasial Model Jo amp Bednarz berbasis Mobile Learning. Uji coba instrumen tes yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa 38 dari 45 pertanyaan yang dikembangkan memperoleh kategori valid dengan persentase sebesar 84%. Hasil validitas tersebut tergolong tinggi karena butir-butir pertanyaan didukung dengan petunjuk soal pertanyaan bantuan penyajian dan pilihan jawaban yang sangat baik dan akurat. Untuk hasil uji reliabilitas soal yang valid mendapatkan nilai gt 0 800 hal ini tergolong kategori sangat baik. Dengan demikian 38 butir soal instrumen tes kemampuan berpikir spasial Model Jo amp Bednarz berbasis Mobile Learning yang dinyatakan valid dan reliabel sesuai untuk penelitian selanjutnya dan dapat digunakan oleh pendidik sebagai alat ukur kemampuan berpikir spasial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347785 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |