Faizah, Khurul (2015) Penerapan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX IPS MAN Tlogo Blitar / Khurul Faizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Faizah Khurul. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS MAN Tlogo Blitar. Skripsi Jurusan Akuntansi Progam Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed. (II) Nujmatul Laily S.Pd. M. SA. Kata Kunci Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Aktivitas Belajar Hasil Belajar Hasil observasi awal yang telah dilakukan di kelas XI IPS 2 MAN Tlogo Blitar menunjukan bahwa (1) tidak semua siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran (2) siswa kurang aktif untuk bertanya ketika terdapat hal yang belum dipahami (3) pembelajaran masih bersifat satu arah (teacher center) dan (4) siswa kurang memiliki rasa percaya diri terhadap kemampuannya sehingga mereka hanya mengandalkan temannya yang berkemampuan di atas rata-rata. Berdasarkan paparan data tersebut maka diperlukan suatu model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang sesuai adalah Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN Tlogo Blitar dalam penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS 2 MAN Tlogo Blitar yang berjumlah 30 orang. Tahapan pelaksanaan penelitian meliputi perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi wawancara tes dan catatan lapangan. Sedangkan analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas XI IPS 2 terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Pada siklus I presentase rata-rata aktivitas belajar siswa menunjukkan sebesar 70% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 90%. Rata-rata presentase hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 56 66% yang terdiri dari 17 siswa yang tuntas belajar dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 80% yang terdiri dari 24 siswa yang tuntas belajar. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa ini karena siswa telah melakukan berbagai aktivitas yang terdapat pada lembar observasi secara maksimal dan sesuai dengan elemen-elemen pembelajaran cooperative yang meliputi ketergantungan positif tanggungjawab individu tatap muka komunikasi antar anggota dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka guru di sarankan untuk menerapkan Team Assised Individualization (TAI) dengan memfokuskan pada elemen-elemen pembelajaran cooperative yang meliputi ketergantungan positif tanggungjawab individu tatap muka komunikasi antar anggota dan evaluasi untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34774 |
Actions (login required)
View Item |