Zuhriyah, Luluk Masruroh (2023) Pengaruh penerapan model pembelajaran problem-based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Luluk Masruroh Zuhriyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil penilaian PISA 2021 yang dilaksanakan oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) Indonesia menempati urutan ke-70 dari 79 negara dijelaskan kemampuan siswa Indonesia dalam menyelesaikan soal-soal yang menuntut proses berpikir tingkat tinggi salah satunya berpikir kreatif masih kurang. Kemampuan berpikir kreatif terjadi saat orang yang sedang menyelesaikan masalah untuk memunculkan solusi-solusi yang berbeda. Pentingnya model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) untuk menyelesaikan masalah terkait tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun pelajaran 2022/2023 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian menggunakan quasi experiment dengan subjek penelitian siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Analisis data dengan uji prasyarat yakni uji normalitas dan uji homogenitas kemudian uji beda rata-rata hasil pretest siswa dan dilanjtkan uji hipotesis melalui uji Independent Sample t-Test. Hasil penelitian keterlaksanaan model PBL di kelas eksperimen sebesar 98 5% dan keterlaksanaan pembelajaran konvesnsional di kelas kontrol 99%. Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen mendapat rerata peningkatan tiap indikator kemampuan berpikir kreatif sebesar 27 87 sedangkan kelas kontrol 15 41. Hasil uji beda kelas eksperimen mendapat hasil pretest dengan nilai sig (2-tailed) 0 159 dan kelas kontrol 0 203 hasil keduanya gt 0 05 sehingga dapat dikatakan kemampuan awal siswa sama. Hasil pengujian hipotesis melalui uji Independent Sample t-Test terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai sig. (2-tailed) 0 000 lt 0 05 dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran PBL pada kelas eksperimen lebih berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa daripada kelas kontrol yang menggunakan model Ceramah dan penugasan. Keberlanjutan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan tiap indikator kemampuan berpikir kreatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347718 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |