Pengaruh metode resitasi terhadap self efficacy dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 5 Malang / Lutfiatul Amaliyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode resitasi terhadap self efficacy dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 5 Malang / Lutfiatul Amaliyah

Amaliyah, Lutfiatul (2015) Pengaruh metode resitasi terhadap self efficacy dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 5 Malang / Lutfiatul Amaliyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amaliyah Lutfiatul. 2015. Pengaruh Metode Resitasi terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suparti MP. (II) Sawitri Dwi Prastiti S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci metode resitasi self efficacy Metode Resitasi merupakan metode pembelajaran yang mengacu pada pendekatan konstruktivistik. Hal ini dikarenakan metode resitasi menuntut siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan melalui pemberian tugas-tugas oleh guru. Pada pelaksanaannya metode resitasi berorientasi pada keaktifan siswa (student-centered learning). Metode resitasi diduga berpengaruh positif pada self efficacy dan hasil belajar siswa sebab proses pembelajaran yang menggunakan metode resitasi memberikan pengalaman-pengalaman belajar yang menguji pemikiran dan memaksa siswa untuk menyusun ulang keyakinan diri terhadap kemampuan mereka. Selain itu metode resitasi dapat menumbuhkan kemandirian belajar yang menjadikan pengetahuan siswa lebih bertahan lama dalam ingatan sehingga self efficacy dan hasil belajar akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode resitasi terhadap self efficacy dan menjelaskan pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan menggunakan rancangan pretest-posttest control group design yang dilaksanakan di kelas XI IIS SMA Negeri 5 Malang. Subjek pada kelompok eksperimen diberikan metode resitasi dan untuk kelompok kontrol diberikan metode ceramah. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu kuesioner (untuk mengukur self efficacy) dan tes (untuk mengukur hasil belajar). Analisis data pada penelitian ini antara lain analisis deskriptif uji normalitas data uji beda rata-rata kemampuan awal dan uji hipotesis dengan uji Independent Sample T-test. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Metode resitasi berpengaruh positif terhadap self efficacy (2) Metode resitasi berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Adapun keterbatasan penelitian ini antara lain pemilihan kelas eksperimen dan kontrol hanya berdasarkan perolehan nilai pretest tanpa mempertimbangkan faktor lainnya seperti kesiapan belajar siswa uji validitas kuesioner dan soal pretest-posttest dilakukan pada kelas yang juga dijadikan sampel untuk penelitian tugas yang digunakan dalam pelaksanaan metode resitasi belum mampu mencapai keseluruhan tujuan pembelajaran dan hanya mampu mengukur tingkatan kognitif siswa sampai pada tingkatan C1 (pengetahuan) dan C3 (aplikasi) serta hanya melihat hasil belajar siswa pada aspek kognitif yaitu melalui hasil tes. Berkenaan dengan keterbatasan tersebut disarankan (1) Guru sebaiknya menerapkan metode pembelajaran yang mengaktifkan siswa karena dapat meningkatkan self efficacy dan hasil belajar siswa. (2) Peneliti selanjutnya disarankan agar memperhatikan faktor kesiapan belajar siswa yang mengefektifkan ujicoba metode pembelajaran melakukan uji validitas pada subyek yang tidak dijadikan sampel penelitian membuat evaluasi hendaknya lebih memperhatikan ketercapaian tujuan pembelajaran serta tingkatan kognitifnya serta mengukur hasil belajar dari aspek kognitif psikomotor dan afektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34771

Actions (login required)

View Item View Item