Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI akuntasi di SMK Negeri 1 Panji Situbondo / Yeti Putri Ardiyantini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI akuntasi di SMK Negeri 1 Panji Situbondo / Yeti Putri Ardiyantini

Ardiyantini, Yeti Putri (2015) Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI akuntasi di SMK Negeri 1 Panji Situbondo / Yeti Putri Ardiyantini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiyantini Yeti Putri. 2015. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kelas XI Akuntansi Di SMK Negeri 1 Panji Situbondo. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suparti M.P (II) Dr. H. Eka Ananta Sidharta S.E. M.M.Ak CA. Kata Kunci Lingkungan Keluarga Motivasi Belajar Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Panji Situbondo memiliki hasil belajar yang berbeda-beda. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar banyak jenisnya tetapi dapat digolongkan menjadi dua golongan saja yaitu faktor intern dan ekstern. Di antara kedua faktor tersebut terdapat variabel-variabel di dalamnya yang turut mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar anak yaitu motivasi belajar (faktor intern) lingkungan keluarga (faktor ekstern). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Panji Situbondo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan rancangan penelitian ini berupa Eksplanatory Research. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Panji Situbondo sebanyak 140 siswa dan sampelnya sebanyak 104 siswa dengan teknik pengambilan closed questionare dengan skala likert. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (sig sebesar 0 000 thitung 4 854 lebih besar dari ttabel 1 71) (2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (sig sebesar 0 000 thitung 6 164 lebih besar dari ttabel 1 71). Saran yang disampaikan penulis adalah (1) Bagi sekolah hendaknya memfasilitasi lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa (2) Bagi guru hendaknya lebih memperhatikan siswa dalam belajar (3) bagi siswa hendaknya dapat lebih semangat dalam mengasah motivasi masing-masing siswa dan (4) Bagi peneliti lain yang melakukan penelitian yang sejenis hendaknya memperluas area penelitian dan menambah teknik pengumpulan data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34769

Actions (login required)

View Item View Item