Pengembangan modul pembelajaran kontektual pada mata pelajaran siklus akuntansi di SMK 2 Muhammadiyah Malang / Sheny Cynthia Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran kontektual pada mata pelajaran siklus akuntansi di SMK 2 Muhammadiyah Malang / Sheny Cynthia Dewi

Dewi, Shenny Cynthia (2015) Pengembangan modul pembelajaran kontektual pada mata pelajaran siklus akuntansi di SMK 2 Muhammadiyah Malang / Sheny Cynthia Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Shenny Cynthia. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Kelas X SMK 2 Muhammadiyah Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Akuntansi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sumadi S.E. M.M (II) Dr. Hj Endang Sri Andayani S.E. M.Si. AK. Kata Kunci Pengembangan Modul Kontekstual . Berdasarkan hasil observasi di SMK Muhammadyah 2 Malang pembelajaran di sekolah tersebut belum menggunakan modul atau LKS. Bahan ajar yang digunakan hanya berupa handout yang juga masih belum sesuai dengan karakteristik siswa yang berkaitan dengan tingkat pemahaman maupun kondisi kontekstual di daerah siswa. Penerapan kontekstual yang pada siswa dirasa masih kurang berdasarkan wawancara dengan guru siswa masih belum sepenuhnya memahami jika materi tidak disertai dengan contoh nyata yang ada disekitar mereka. Tujuan pengembangan modul ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul berbasis kontekstual pada pokok bahasan menyusun laporan keuangan perusahaan dagang untuk kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang. Model pengembangan yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan Borg and Gall (1983). Langkah-langkah pengembangan yang harus ditempuh yaitu analisis kebutuhan pengembangan modul uji kelayakan modul kemudian revisi modul ke-1 uji coba pengguna terbatas revisi ke-2 sehingga menjadi produk akhir. Uji kelayakan dilakukan oleh 2 orang validator materi/isi dan seorang ahli pengembangan bahan ajar yang menilai mutu modul. Pengembangan modul akuntansi ini diujicobakan kepada 10 siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang sebagai pengguna modul. Prsentase rata-rata yang diperoleh dari penilaian kedua validator yaitu 80 65% yang berarti modul valid untuk digunakan. Berdasarkan penilaian Validator desain modul dinyatakan valid dengan presentase rata-rata 92 9% dan validasi ahli oleh ahli materi sebesar 90 6%. Hasil uji coba tersebut menunjukan bahwa modul dinyatakan valid untuk digunakan dengan presentase 92 6%. Berdasarkan hasil pengembangan disarankan agar modul ini dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam kelas yang didampingi oleh guru maupun digunakan untuk belajar mandiri dirumah dan dapat digunakan sebagai referensi pengembangan modul pada materi yang lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34768

Actions (login required)

View Item View Item