Penerapan model discovery learning berbasis lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri Kasiman Bojonegoro / Nhadya Anashthazya Putri Paramitha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model discovery learning berbasis lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri Kasiman Bojonegoro / Nhadya Anashthazya Putri Paramitha

Paramitha, Nhadya Anashthazya Putri (2015) Penerapan model discovery learning berbasis lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri Kasiman Bojonegoro / Nhadya Anashthazya Putri Paramitha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Paramitha Nhadya Anashthazya Putri. 2015. Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri Kasiman Bojonegoro. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suparti M.P. (II) Dr. Hj. Puji Handayati S.E. M.M. Ak. CA. CMA. Kata Kunci Model Discovery Learning Lesson Study Aktivitas Belajar Hasil Belajar Pentingnya peranan dunia pendidikan dalam mempersiapkan generasi muda bangsa yang aktif menuntut semakin diperlukannya pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas sekaligus hasil belajar siswa. Melalui penerapan model Discovery Learning siswa dilibatkan dalam proses identifikasi masalah pengumpulan serta pengolahan data yang telah didapatkannya untuk pengembangan pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana penerapan model Discovery Learning berbasis Lesson Study di kelas X Akuntansi SMK Negeri Kasiman Bojonegoro (2) peningkatan aktivitas belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri Kasiman Bojonegoro setelah diterapkannya model Discovery Learning berbasis Lesson Study dan (3) peningkatan hasil belajar siswa siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri Kasiman Bojonegoro setelah diterapkannya model Discovery Learning berbasis Lesson Study. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri Kasiman Bojonegoro. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi kegiatan guru dan siswa lembar observasi aktivitas belajar siswa lembar observasi Lesson Study dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I aktivitas siswa secara klasikal sebesar 64 13% dan pada siklus II mencapai 76 96%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 35 48% pada tes pra tindakan menjadi 64 52% pada tes evaluasi siklus I dan pada siklus II mencapai 93 55%. Dengan hasil yang tercapai tersebut dapat dinyatakan kriteria keberhasilan tindakan telah tercapai dan dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri Kasiman Bojonegoro setelah penerapan model Discovery Learning berbasis Lesson Study.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34766

Actions (login required)

View Item View Item