Pengembangan modul pembelajaran akuntansi dengan model learning cycle 5E bermuatan nilai karakter bangsa untuk siswa SMK Negeri 1 Turen / Niken Hildawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran akuntansi dengan model learning cycle 5E bermuatan nilai karakter bangsa untuk siswa SMK Negeri 1 Turen / Niken Hildawati

Hildawati, Niken (2015) Pengembangan modul pembelajaran akuntansi dengan model learning cycle 5E bermuatan nilai karakter bangsa untuk siswa SMK Negeri 1 Turen / Niken Hildawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hildawati Niken. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Akuntansi Dengan Model Learning Cycle 5E Bermuatan Nilai Karakter Bangsa Untuk Siswa SMK Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Bety Nur Achadiyah S.Pd M.Sc (II) Sulastri S.Pd M.SA Kata Kunci modul learning cycle 5e nilai karakter bangsa. Paradigma pembelajaran saat ini mendorong siswa untuk secara aktif membangun pemahaman dan mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri. Guru harus siap menjadi fasilitator pembelajaran yang mendorong dan mengembangkan keaktifan siswa serta mampu merancang sebuah pembelajaran yang memberikan pengetahuan teoritik praktik maupun moral secara seimbang. Salah satunya dengan menggunakan model learning cycle 5e yang termasuk dalam pendekatan konstruktivistik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 1 Turen menunjukkan bahwa pembelajaran akuntansi membutuhkan bahan ajar yang membuat siswa aktif mencari sendiri informasi memahami dan dapat mengkonstruksi pengetahuan. Selain itu hasil observasi juga menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran dirasa masih belum dapat mengembangkan kemampuan siswa untuk mencapai kompetensi pembelajaran secara aktif mandiri dan sesuai karakteritik siswa. Oleh karena itu peneliti membuat alternatif bahan ajar yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran siswa secara mandiri dan kontekstual. Adapun penambahan nilai karakter bangsa diharapkan secara tidak langsung bisa membantu membentuk karakter siswa dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul pembelajaran akuntansi dengan model learning cycle 5e bermuatan nilai karakter bangsa dengan materi laporan keuangan perusahaan jasa untuk kelas X Akuntansi sehingga dapat digunakan oleh siswa dalam kegiatan belajar di dalam maupun di luar sekolah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sukmadinata dan dimodifikasi menjadi tujuh tahapan. Tahapan yang digunakan meliputi (1) Analisis kebutuhan (2) Pengembangan produk awal (3) Validasi ahli (4) Revisi produk 1 (5) Uji coba lapangan terbatas (6) Revisi produk 2 (7) Produk akhir. Instrumen pengumpumpulan data yang digunakan berupa instumen angket dengan skala Likert. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang diperoleh dari skor angket dan data kualitatif yang diperoleh dari saran dan komentar para validator. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan persentase sebesar 93 06% ahli desain pembelajaran dengan persentase sebesar 90 77% dan uji coba lapangan terbatas dengan persentase sebesar 92 30%.Sehingga secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 92 04%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran akuntansi dengan model learning cycle 5e bermuatan nilai karakter bangsa ini memiliki kriteria valid atau layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34764

Actions (login required)

View Item View Item