Efek pembelajaran berbasis permainan terstruktur dan tidak terstruktur terhadap peningkatan motorik kasar pada anak usia 3-6 tahun / Moch. Nasmay Lupita</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Efek pembelajaran berbasis permainan terstruktur dan tidak terstruktur terhadap peningkatan motorik kasar pada anak usia 3-6 tahun / Moch. Nasmay Lupita</p>

Lupita, Moch. Nasmay (2024) Efek pembelajaran berbasis permainan terstruktur dan tidak terstruktur terhadap peningkatan motorik kasar pada anak usia 3-6 tahun / Moch. Nasmay Lupita</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motorik kasar sebagai gerakan yang penting dalam menunjang perkembangan masa depan relative rendah hal perlu diperhatikan pada masa anak-anak yang menghabiskan waktu melalui permainan. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan cara meningkatkan motorik kasar dengan permainan terstruktur dan tidak terstruktur. Metode penelitian menggunakan true exsperimental dengan rancangan the randhomized pretest-posttest control group dengan menggunakan subjek anak usia 5-6 tahun dengan total subjek (n 21) menggunakan penghitungan Lemenshow pembagian 3 kelompok A. kelompok permainan terstruktur (permainan terstruktur dengan 10 permainan terintruksi) B. kelompok permainan tidak terstruktur (permainan tidak terstruktur dengan tidak diintruksikan) C. kelompok kontrol. Intervensi berdurasi 30 menit dilakukan (3/minggu) selama 8 minggu dengan pemeriksaan keterampilan lokomotor manipulatif dan total motorik kasar dilakukan sebelum dan sesudah intervensi sesuai protokol TGMD 2. Analisis varians (ANOVA) dilakukan untuk menilai (P lt 0 05) keterampilan sebelum dan sesudah intervensi semua analisis data enggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menggunakan uji Anova (P lt 0 05) dengan perbandingan antara pretest-posttest pada keterampilan lokomotor manipulatif dan total motorik kasar pada kelompok A dan B dan antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Kelompok A dan kelompok B tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Stimulasi permainan terstruktur dan tidak terstruktur selama 8 minggu memiliki dampak yang positif dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar dari kedua metode tersebut akan tetapi tidak menjukkan perbedaan antar gender dari kedua metode tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347631

Actions (login required)

View Item View Item