Penerapan model cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) melalui lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Wida Artawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) melalui lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Wida Artawati

Artawati, Wida (2015) Penerapan model cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) melalui lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X AK SMK PGRI 2 Malang / Wida Artawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Artawati Wida. 2015. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X AK SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suparti M. P (II) Hj. Yuli Widi Astuti SE M. Si Ak. Kata kunci Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Lesson Study Aktivitas Belajar Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada kelas X AK SMK PGRI 2 Malang mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa didapatkan fakta bahwa pembelajaran seutuhnya masih dijelaskan oleh guru sehingga siswa kurang aktif dan sering melakukan kegiatan di luar aktivitas pembelajaran. Dari nilai siswa sebelum dilakukan tindakan terlihat bahwa ketuntasan kelas hanya mencapai 36 7% sedangkan KKM yang ditentukan adalah 75 untuk hasil belajar dan 70% untuk ketuntasan kelas. Oleh karena itu agar dapat meningkatkan pembelajaran perlu diadakan perbaikan yaitu dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe TAI melalui Lesson Study. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model Cooperative Learning tipe TAI melalui Lesson Study (2) aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe TAI melalui Lesson Study (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model Cooperative Learning tipe TAI melalui Lesson Study. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model kolaboratif partisipatoris. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar observasi penyusunan RPP lembar observasi pelaksanaan pembelajaran lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning tipe TAI melalui Lesson Study untuk siswa kelas X AK SMK PGRI 2 Malang dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perolehan keberhasilan guru dalam penerapan model Cooperative Learning tipe TAI melalui Lesson Study pada siklus I yaitu 86 32% dan meningkat pada siklus II menjadi 90%. Aktivitas siswa meningkat siklus I diperoleh 64 72 menjadi 84 64 pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 75 4 dan ketuntasan kelas 64% pada siklus I menjadi rata-rata 80 8 dan ketuntasan kelas mencapai 80% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan dalam melaksanakan model Cooperative Learning tipe TAI melalui Lesson Study ini hendaknya guru mempersiapkan dengan matang semua perangkat pembelajaran. Hal ini dimaksudkan agar mudah mengorganisasikan kelas dan agar guru dapat mengorganisasikan waktu pembelajaran dengan baik pula. Guru diharapkan memberikan penguatan yang dapat memacu keaktifan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34763

Actions (login required)

View Item View Item