Pengembangan instrumen tes gerak dasar manipulatif berbasis aplikasi articulate storyline untuk anak usia 5-6 tahun di sekolah tk dian agung kota malang / Dinda Arisetya Purwadi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen tes gerak dasar manipulatif berbasis aplikasi articulate storyline untuk anak usia 5-6 tahun di sekolah tk dian agung kota malang / Dinda Arisetya Purwadi</p>

Purwadi, Dinda Arisetya (2023) Pengembangan instrumen tes gerak dasar manipulatif berbasis aplikasi articulate storyline untuk anak usia 5-6 tahun di sekolah tk dian agung kota malang / Dinda Arisetya Purwadi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan fisik motorik anak usia dini memiliki peran yang sangat penting dengan aspek perkembangan yang lainnya. Fisik motorik anak usia dini meliputi gerak dasar lokomotor non-lokomotor dan manipulatif. Kompetensi keterampilan motorik didapatkan dalam pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD). Poin penting dalam kegiatan pembelajaran yaitu evaluasi hasil belajar. Tetapi sering kali dalam proses belajar mengajar aspek evaluasi hasil belajar diabaikan karena guru terlalu memfokuskan apa yang akan diajarkan kepada siswanya akibatnya proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan rapi tetapi alat-alat penilaian yang digunakan tidak lagi melihat sasaran yang akan dinilai. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk mengembangkan instrumen tes gerak dasar manipulatif untuk anak usia 5-6 tahun yang memenuhi kriteria instrumen tes yang baik yaitu valid reliabel dan objektif serta dikemas dalam bentuk aplikasi articulate storyline agar mempermudah guru pendidikan anak usia dini dalam memahami instrumen tes yang akan digunakan. Model Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model prosedural dengan pendekatan research and development dari Borg amp Gall 1983 yaitu metode yang biasa digunakan dalam penelitian pengembangan berjumlah 10 langkah meliputi analisis kebutuhan sampai dengan produk akhir. Hasil uji ahli materi rata-rata keseluruhan 98% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji ahli evaluasi pembelajaran motorik rata-rata keseluruhan 75% dengan kriteria valid. Hasil uji ahli media rata-rata keseluruhan 92% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil rata-rata keseluruhan 90% dengan kriteria sangat valid. Analisis tingkat validitas diperoleh dalam setiap instrumen tesnya masuk dalam kategori valid. Analisis tingkat reliabilitas dalam perolehan setiap instrumen tes masuk dalam kategori reliabel. Analisis tingkat objektivitas untuk tes melempar diperoleh hasil kriteria dapat diterima dan tiga instrumen lainnya diperoleh hasil kriteria baik. Uji coba kelompok besar didapatkan hasil rata-rata 97% dengan kriteria sangat valid. Analisis tingkat validitas diperoleh dalam setiap instrumen tesnya adalah masuk dalam kategori valid. Analisis tingkat reliabilitas dalam perolehan setiap instrumen tes masuk dalam kategori reliabel. Analisis tingkat objektivitas tes melempar dan menendang masuk dalam kriteria baik dan untuk tes menangkap dan mendribble bola masuk dalam kriteria dapat diterima. Berdasarkan dari hasil data di atas dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan instrumen tes gerak dasar manipulatif berbasis aplikasi articulate storyline telah layak digunakan sebagai alat penilaian yang teruji valid reliabel dan objektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347628

Actions (login required)

View Item View Item