Pengembangan bahan ajar sepakbola pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan berbasis multimedia interaktif articulate storyline untuk siswa Kelas 7 MTSN di Tulungagung / Riki Santoso</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar sepakbola pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan berbasis multimedia interaktif articulate storyline untuk siswa Kelas 7 MTSN di Tulungagung / Riki Santoso</p>

Santoso, Riki (2023) Pengembangan bahan ajar sepakbola pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan berbasis multimedia interaktif articulate storyline untuk siswa Kelas 7 MTSN di Tulungagung / Riki Santoso</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahan ajar merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar di sekolah. Dalam pembelajaran PJOK biasanya hanya difokuskan pada pengendalian psikomotor saja namun kurang diperhatikan pada keterampilan kognitif. Salah satu materi pembelajaran PJOK yang ketersediaannya terbatas adalah materi olahraga khususnya materi sepakbola. Pada era saat ini perkembangan teknologi sangat maju dan berguna untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam proses pembelajaran sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menarik bagi siswa dan guru untuk melaksanakan proses pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan produk bahan ajar pembelajaran PJOK materi sepakbola pada kelas 7 berbasis multimedia interaktif articulate storyline yang dapat diakses secara online maupun offline dari smartphone/komputer dengan cara menyalin link yang sudah disediakan dalam buku pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze Design Develop Implement Evaluate) menurut Branch (2009) yang memiliki 5 langkah yaitu menganalisa mendesign mengembangkan mengimplementasikan dan mengevaluasi. Langkah-langkah pengembangan tersebut nantinya akan menyimpulkan media pembelajaran yang dikembangkan layak atau tidak layak digunakan oleh siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi MTsN kelas 7 yang terdiri dari MTsN 2 Tulungagung MTsN 3 Tulungagung dan MTsN 5 Tulungagung. Setelah proses pengembangan produk selesai langkah selanjutnya telah melalui tahap validasi ahli produk bahan ajar berbasis multimedia interaktif articulate storyline yang menyatakan layak untuk diuji cobakan kepada siswa. Kemudian penguji melakukan uji coba kelompok kecil kepada 15 subjek penelitian (siswa kelas 7 MTsN) di setiap sekolah yang dipilih. Hasilnya menunjukkan bahwa kriteria kemenarikan kemudahan kejelasan dan kebermanfaatan dengan rata-rata hasil keseluruhan dari persentase yaitu sebesar 86% yang artinya sangat layak digunakan dan dapat melanjutkan ke tahap uji coba lapangan. Selanjutnya untuk uji coba lapangan kelayakan produk terhadap 123 subjek penelitian pada siswa kelas 7 terdiri dari tiga sekolah yaitu MTsN 2 Tulungagung sebanyak 2 kelas (39 siswa) yaitu dari kelas 7-D (21 siswa) dan 7-C (18 siswa) MTsN 3 Tulungagung sebanyak 2 kelas (43 siswa) yaitu dari kelas 7-A (21 siswa) dan 7-D (22 siswa) dan MTsN 5 Tulungagung sebanyak 2 kelas (41 siswa) yaitu dari kelas 7-A (21 siswa) dan 7-C (20 siswa) diperoleh hasil yaitu tampilan pembuka (teks) tampilan pembuka (gambar video font musik dan button tampilan menu tampilan materi tampilan kejelasan video dan tampilan latihan soal dengan rata-rata hasil keseluruhan dari persentase yaitu sebesar 89% (sangat layak). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahawa penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif articulate storyline dalam materi sepakbola untuk kelas 7 sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran PJOK di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347626

Actions (login required)

View Item View Item