Pengembangan instrumen penilaian proses bidang studi pjok materi senam lantai untuk siswa Sekolah Menengah Pertama / Fajar Raya Ferdinal Kusuma Bakti</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian proses bidang studi pjok materi senam lantai untuk siswa Sekolah Menengah Pertama / Fajar Raya Ferdinal Kusuma Bakti</p>

Bakti, Fajar Raya Ferdinal Kusuma (2023) Pengembangan instrumen penilaian proses bidang studi pjok materi senam lantai untuk siswa Sekolah Menengah Pertama / Fajar Raya Ferdinal Kusuma Bakti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penilaian pada Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sangat penting untuk dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran PJOK. Penilaian adalah serangkaian aktivitas buat mendapatkan menganalisis serta menafsirkan informasi tentang proses serta hasil belajar partisipan didik yang dicoba secara sistematis dan berkesinambungan sehingga jadi data yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan alat instrumen penilaian pada proses melalui materi Senam Lantai. Sehingga dengan adanya pengembangan ini dapat membantu memudahkan guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam penilaian proses pembelajaran pada materi senam lantai. Pada produk instrumen penilaian ini berupa kisi-kisi penilaian proses dalam melakukan pembelajaran senam lantai dan berupa panduan yang dikembangkan untuk melakukan penilaian tiap gerakan-gerakan materi senam lantai isi dari instrumen penilaian proses siswa dalam pembelajaran senam lantai menggunakan rating scale. Jenis analisis yang akan digunakan adalah analisis pengembangan/ Research and Development (R amp D). Subjek yang diambil pada penelitian ini dilakukan pengambilan data tes uji keterampilan senam lantai oleh siswa siswi Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Dari SMP Negeri 15 Malang Sebanyak 33 Peserta didik serta 3 orang Guru sebagai Penilai atau uji instrumen senam lantai dan SMP Negeri 20 Malang sebanyak 64 Peserta didik serta 5 orang Guru sebagai Penilai atau uji instrumen senam lantai. Uji kelayakan pada instrumen penilaian proses senam lantai dari uji coba kelompok kecil dengan rata-rata uji kelayakan sebesar 77 2% pada kategori Valid. Dan pada uji kelayakan kelompok besar uji kelayakan sebesar 75 8% pada kategori Valid. Pembuktian uji content validity pada semua indikator gerakan senam lantai CVI gt 0 78 maka dinyatakan valid semua. Uji validitas empiris r Tabel gt 0 878 dari 20 item hanya 3 pertanyaan yang tidak valid. Uji reliabilitas pada Guling depan sebesar r 0 952 Guling belakang r 0 954 Meroda r 0 853 dan Gerakan Meroda r 0 865. Uji objektivitas pada keempat indikator gerakan senam lantai semua hasil dari percobaan 1 dan percobaan 2 diatas rTabel gt 0 242 dan semua indikator pada kategori objektif. Hasil Untuk itu pengembangan instrumen penilaian proses ini dapat memudahkan guru-guru PJOK dalam menilai proses siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan utamanya pada proses gerakan senam lantai. Serta dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347624

Actions (login required)

View Item View Item