Pengembangan bahan ajar pembelajaran PJOK materi lompat berbasis multimedia interaktif pada siswa Kelas x di SMK Negeri Kota Malang /&nbsp;Dony Navia Pratama</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar pembelajaran PJOK materi lompat berbasis multimedia interaktif pada siswa Kelas x di SMK Negeri Kota Malang /&nbsp;Dony Navia Pratama</p>

Pratama, Dony Navia (2024) Pengembangan bahan ajar pembelajaran PJOK materi lompat berbasis multimedia interaktif pada siswa Kelas x di SMK Negeri Kota Malang /&nbsp;Dony Navia Pratama</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahan ajar sangat diperlukan dalam proses belajar-mengajar di sekolah. Dalam pembelajaran PJOK biasanya hanya menekankan pada penguasaan psikomotor saja tetapi kemampuan kognitif cenderung kurang diperhatikan. Salah satu materi dalam pembelajaran PJOK yang memiliki keterbatasan dalam ketersediaan bahan ajar adalah pada materi atletik khususnya nomor lompat. Saat ini perkembangan teknologi sangat canggih dan baik untuk dimanfaatkan guna menciptakan sebuah inovasi baru dalam proses pembelajaran agar dapat menciptakan media pembelajaran yang memiliki efektivitas dan daya tarik bagi siswa maupun guru dalam melakukan proses pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan membuat dan menghasilkan produk bahan ajar pembelajaran PJOK materi lompat pada kelas X berbasis multimedia interaktif. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan Dick amp Carey memiliki 5 langkah yaitu analysis development design implementasi dan evaluation. Subjek penelitian dan pengembangan adalah 1 ahli pembelajaran PJOK 1 ahli media pembelajaran 2 ahli materi lompat serta 15 siswa kelas X pada uji coba kelompok kecil dan 180 siswa kelas X pada uji coba kelompok besar di SMKN Malang. Instrumen penelitian menggunakan angket/ kuesioner. Pengumpulan data menggunakan teknik nontes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan skala likert. Hasil analisis data (1) validasi ahli materi lompat menunjukkan produk pengembangan dengan persentase sebesar 94% (sangat layak) (2) validasi ahli pembelajaran PJOK menunjukkan produk pengembangan dengan persentase sebesar 97% (sangat layak) (3) validasi ahli media pembelajaran menunjukkan produk pengembangan dengan persentase sebesar 95% (sangat layak) (4) uji coba kelompok kecil dengan 15 subjek penelitian pada siswa kelas X SMKN 5 Malang menunjukkan rata-rata hasil keseluruhan dengan persentase sebesar 89% (sangat layak) (5) uji coba lapangan kelayakan produk terhadap 180 subjek penelitian pada siswa kelas X terdiri dari tiga sekolah yaitu SMKN 3 Malang SMKN 4 Malang dan SMKN 5 Malang yang masing-masing sekolah diambil subjek sebanyak 60 siswa diperoleh hasil yaitu kriteria kemenarikan kemudahan kejelasan dan kebermanfaatan dengan rata-rata hasil keseluruhan dari persentase yaitu sebesar 91% (sangat layak). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dalam materi lompat untuk kela X sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran PJOK di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347621

Actions (login required)

View Item View Item