Windarti, Sepbriana Putri (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer pada materi jurnal khusus perusahaan dagang di SMA Negeri 1 Krembung / Sepbriana Putri Windarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Windarti Sepbriana Putri. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer pada Materi Jurnal Khusus Perusahaan Dagang di SMA Negeri 1 Krembung. Skripsi Jurusan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sriyani Mentari S. Pd. M.M (II) Sawitri Dwi Prastiti S.E. Ak M.Si. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis komputer Jurnal Khusus Perusahaan Dagang. Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Krembung Kabupaten Sidoarjo pembelajaran disekolah masih tergolong konvensional. Penggunaan media kurang menarik perhatian siswa karena media yang digunakan terdapat kekurangan diantaranya ukuran font yang kurang besar kurangnya ilustrasi gambar audio dan video dalam presentasi masih terjadi di dalam proses pembelajaran serta media pembelajaran kurang interaktif dengan siswa sehingga siswa tidak bisa mengoperasikan sendiri media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pemahamannya. Masalah tersebut mengakibatkan siswa sukar memahami materi yang diberikan guru yang sehingga nilai akuntansi siswa masih ada yang berada dibawah KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut untuk meningkatkan motivasi belajar dan dapat memenuhi kebutuhan siswa maka multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran akuntansi agar lebih inovatif. Penelitian ini merupakan penelitian research and development dengan model pengembangan Sadiman yang dikombinasikan dengan model pengembangan Sugiyono dilaksanakan dari bulan September 2014 sampai April 2015. Validasi multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer ini dilakukan oleh dua validator yaitu validator media dan validator materi serta dari segi pengguna dinilai sebanyak 25 siswa di kelas XII IPS4 sebagai uji coba produk. Pada saat mengukur keefektifan media yang dikembangkan kelas XII IPS4 sebagai kelas eksperimen dan XII IPS3 sebagai kelas kontrol dengan mengukur hasil pretest dan posttest serta motivasi belajar. Hasil data yang diperoleh diolah menggunakan bantuan SPSS versi 16. Berdasarkan analisis keseluruhan validasi diperoleh dari validasi media dengan rata-rata persentase 95 94% rata-rata validasi materi 93 23% rata-rata validasi uji coba produk memperoleh persentase rata-rata 89 21% sehingga dari analisis keseluruhan validasi diperoleh rata-rata persentase sebesar 92 79% dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer valid dan dapat digunakan pada materi jurnal khusus perusahaan dagang. Efektifitas media yang dikur menggunakan hasil uji Independent Sample T-Test dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan penilaian efektifitas dari motivasi belajar dapat dikatakan bahwa ada perbedaan motivasi belajar antara pembelajaran menggunakan multimedia interaktif dan pembelajaran menggunakan powerpoint.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34762 |
Actions (login required)
View Item |