Pengembangan model pembelajaran hybrid learning materi kebugaran jasmani Kelas xii SMA Negeri 6 Malang / Hamzah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran hybrid learning materi kebugaran jasmani Kelas xii SMA Negeri 6 Malang / Hamzah</p>

Hamzah (2023) Pengembangan model pembelajaran hybrid learning materi kebugaran jasmani Kelas xii SMA Negeri 6 Malang / Hamzah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam menginovasi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk membantu proses pembelajaran pendidik dan juga peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang tercantum pada KI dan KD pada kurikulum dengan mengembangkan model pembelajaran Hybrid Learning. Analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Malang masih mendapati kesulitan dalam melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani dengan capaian pembelajaran yang kurang baik. Peneliti mengembangkan model pengembangan untuk pendidik maupun perserta didik dalam membantu proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan dan menguji model pembelajaran Hybrid Learning untuk pembelajaran PJOK SMA Negeri 6 Malang. Peneliti menggunakan model penelitian yang prinsipnya menggunakan sintesis dari model pengembangan yang dikembangkan Borg and Gall peneliti menggunakan 7 langkah yang digunakan sesuai kebutuhan penelitian seperti (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji coba ahli (5) uji coba kelompok kecil (6) uji coba kelompok besar (7) penyempurnaan produk akhir. Data yang digunakan kuantitatif dan kualitatif dangan instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan juga angket dan diolah dengan reduksi kata dan presentase skala likert pada subjek penelitian ahli pada uji coba ahli dan pendidik dan peserta didik pada uji coba kelompok. Hasil dari penelitian dan pengembangan model pembelajaran Hybrid Learning untuk sekolah menengah atas menghasilkan model dengan spesifikasi sebagai berikut (1) model pembelajaran berbasis Hybrid Learning (2) materi pembelajaran kebugaran jasmani terkait aktifitas kelincahan (3) bahan ajar berupa Silabus dan RPP (Rancangan Pembelajaran) untuk pendidik serta LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dan Aplikasi untuk peserta didik. Hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh hasil (1) hasil uji coba kelompok kecil menghasilkan produk dapat diuji cobakan pada skala yang lebih besar dan menghasilkan nilai 94 6 % pada skala kelayakan Valid (2) dan pada hasil uji coba kelompok besar menghasilkan produk sudah layak diimplementasikan pada pembelajaran PJOK dan menghasilkan aspek kegunaan prooduk (86 5 %) pada skala kelayakan valid dan aspek keefektifan produk (85 5%) pada skala kelayakan cukup valid. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran Hybrid Learning di dalam pembelajaran yang dikembangkan dan diujikan peneliti pada materi kebugaran jasmani valid dalam pelaksanaannya di tingkat pendidikan sekolah menengah atas sebagai acuan bahan belajar dan diimplementasikan dalam pembelajaran PJOK.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347619

Actions (login required)

View Item View Item