Funay, Nicky Anastasia (2023) Literatur review: model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis permainan tradisional dalam meningkatkan kebugaran jasmani / Nicky Anastasia Funay</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendekatan pembelajaran jasmani yang cenderung konvensional dan monoton merupakan faktor penyebab menurunnya ketertarikan aktivitas fisik pada siswa. Data menunjukkan pada tahun 2016 81% siswa berusia 11-17 tahun tidak cukup aktif secara fisik (77 6% anak laki-laki dan 84 7% anak perempuan) dan hanya 39 4% anak yang tertarik terhadap aktivitas fisik 60 6% mengisi waktu luang dengan kegiatan screen time (bermain game PC menonton TV) yang menyebabkan menurunnya kesegaran jasmani siswa. Tujuan review artikel dalam penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan tradisional terhadap kebugaran jasmani siswa berusia 6-15 tahun. Metode yang digunakan seperti akses untuk mengumpulkan artikel peneliti menggunakan database google scholar pubmed dan sciencedirect dengan rentangan waktu 5 tahun terakhir 2017-2022 berbasis bahasa Indonesia dan bahasa Inggris untuk menjaga kualitas artikel yang akan dianalisis nantinya peneliti memilih artikel yang terindeks scopus quartile 1 quartile 2 quartile 3 dan terindeks sinta 1 sinta 2. Strategi ekstraksi data dan identifikasi data menggunakan diagram alir PRISMA. Untuk menemukan artikel yang sesuai peneliti menggunakan prosedur PICO. Berdasarkan hasil review menunjukkan dari 8 artikel melaporkan bahwa model pembelajaran berbasis permainan tradisional semua artikel yang menunjukkan bahwa permainan tradisional mampu meningkatkan kebugaran jasmani dimana 4 diantaranya menunjukkan juga bahwa permainan tradisional mampu menstimulus motorik pada anak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |