Rahman, Zainal (2023) Pengembangan modul mata pelajaran PJOK materi tenis meja berbasis qr code technology untuk peserta didik Kelas x di SMA Negeri 1 Turen / Zainal Rahman</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pelaksanaan pembelajaran materi tenis meja disekolah sering menemui kendala dikarenakan keterbatasan bahan ajar bahkan belum ada guru lebih sering menggunakan media link yang berupa video pembelajaran tanpa memberikan materi yang dapat diberikan melalui buku pedoman sebagai acuan peserta didik sehingga pada saat praktik peserta didik kurang mampu memahami tekniknya. Kemudian berdasarkan minimnya media pembelajaran yang digunakan membuat proses pembelajaran kurang menarik dan peserta didik kurang memahami karena contohnya yang berupa video pembelajaran tanpa membaca materi tekniknya. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti kepada 100 peserta didik melalui analisis kebutuhan diperoleh data bahwa 100% guru belum pernah memberikan modul berbasis QR Code dalam mempelajari olahraga tenis meja 97% peserta didik membutuhkan modul berbasis QR Code pada materi tenis meja 83% peserta didik menyatakan bahwa dengan pembelajaran menggunakan modul dan juga video dapat membantu dalam mempelajari pembelajaran tenis meja. Sehingga peneliti berasumsi bahwa peserta didik SMA Negeri 1 Turen kelas X membutuhkan modul berbasis QR Code pada pembelajaran tenis meja. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk dan menguji produk modul mata pelajaran PJOK materi tenis meja berbasis Qr Code Technology untuk peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Turen. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan menurut Borg amp Gall (1983) dengan melalui 7 tahap yaitu 1) research and information collecting 2) planning 3) develop preliminary form of product 4) preliminary field testing 5) main product revision 6) main field testing dan 7) final product revision. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran tenis meja berbasis QR code technology untuk kelas X di SMA Negeri 1 Turen dapat diperoleh rata-rata hasil dari validasi ahli modul 96 7% ahli materi 88 8% ahli media 96 7% uji coba kelompok kecil 76 9% dan uji coba kelompok besar 84 1%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan modul pembelajaran tenis meja berbasis QR code technology untuk kelas X di SMA Negeri 1 Turen yang telah disusun dalam media cetak untuk sumber belajar siswa dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347611 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |