Dole, Rista (2023) Pengembangan model pembelajaran hybrid learning pada materi senam lantai Kelas x SMAN 5 Malang / Rista Dole</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dole Rista. 2022. Pengembangan Model Pembelajaran Hybrid Learning pada Materi Senam Lantai Kelas X SMA Negeri 5 Malang. Tesis Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mu rsquo arifin M.Pd (2) Dr. Siti Nurrochmah M.Kes Kata Kunci Model Pembelajaran Hybrid Learning Senam Lantai Pentingnya seorang guru memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik dan kondisi lingkungan belajar yang bertujuan agar proses pembelajaran berjalan dengan efektif. Model pembelajaran merupakan suatu kerangka atau pola untuk merancang dan merencanakan suatu pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan pemilihan model pembelajaran yang sesuai dapat menarik minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji sebuah model pembelajaran hybrid learning yang dapat membantu dan mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran materi senam lantai. Metode penelitian dan pengembangan ini yaitu dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R amp D) model pengembangan oleh Borg amp Gall dengan Langkah-langkah sebagai berikut 1) Penelitian dan pengumpulan data 2) Perencanaan 3) Pengembangan produk awal 4) Uji coba kelompok kecil 5) Revisi hasil uji coba 6) Uji coba kelompok besar dan 7) Penyempurnaan produk. Subjek uji coba kelompok kecil menggunakan 10 peserta didik kelas X sedangkan uji coba kelompok besar 30 peserta didik kelas X. Berdasarkan hasil data ketiga para ahli yang meliputi 1) ahli pembelajaran yang diperoleh catatan menambahkan penjelasan saintifik dan tampilan ukuran gambar lebih besar 2) ahli media yang diperoleh catatan menambahan keterangan panduan guru keterangan jenjang sekolah warna pada nama penulis dan resolusi pada gambar cover dan 3) ahli materi yang diperoleh catatan menyesesuaikan isi materi dengan video penggunaan bahasa disesuaikan dengan langkah-langkah deskripsi indikatornya cakupan dalam produk lebih diperbesar dan menambahkan sumber referensi. Data tersebut menunjukan bahwa produk ini layak digunakan untuk melanjutkan ketahap uji coba. Hasil uji coba kelompok kecil 79% yang dinyatakan sangat valid dan uji coba kelompok besar 83% yang dinyatakan sangat valid. Hasil dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran hybrid learning yang dikemas dalam bentuk buku panduan guru pada materi senam lantai ini menyatakan bahwa produk yang dikembangkan sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |