Analisis status gizi dan keterampilan motorik terhadap kebugaran jasmani melalui aktivitas fisik pada siswa SMP Katolik ST. Jibrael Kalabahi / Andriano Krisantus Boro Tokan</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis status gizi dan keterampilan motorik terhadap kebugaran jasmani melalui aktivitas fisik pada siswa SMP Katolik ST. Jibrael Kalabahi / Andriano Krisantus Boro Tokan</p>

Tokan, Andriano Krisantus Boro (2023) Analisis status gizi dan keterampilan motorik terhadap kebugaran jasmani melalui aktivitas fisik pada siswa SMP Katolik ST. Jibrael Kalabahi / Andriano Krisantus Boro Tokan</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ada beberapa aspek yang perlu untuk dikembangkan dalam dunia pendidikan salah satunya dalam dunia pendidikan jasmani di Indonesia. Salah satu yang sangat mendasar dan sangat penting untuk dikembangkan dalam pendidikan jasmani yaitu Kebugaran jasmani siswa. Tapi pada kenyataan di dunia pendidikan saat ini yakni masih sangat banyak siswa dan siswa yang tidak memiliki kebugaran jasmani yang baik atau kurang dan kurang sekali dari data hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian dari Trisnata. et. al. (2020) diperoleh tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas menggunakan TKJI yaitu 9 anak dengan kategori baik 43 anak dengan kategori cukup dan 4 anak dengan kategori kurang. Sedangkan tes kebugaran dari penelitian yang dilakukan oleh Huda (2015) hasil tes kebugaran jasmani Indonesia siswa memiliki kebugaran jasmani 12 siswa memiliki kebugaran jasmani baik 55 siswa dengan kategori sedang dan 27 siswa dengan kategori kurang. Sama halnya dengan penelitian Andriyani (2017) tes memperoleh hasil bahwa status kebugaran jasmani siswa yaitu 1 siswa dengan kategori sangat baik 2 siswa dengan kategori baik 27 siswa memperoleh kategori sedang 32 siswa memperoleh hasil kurang dan 1 siswa memperoleh hasil tes kurang sekali. Dan berikut dari penelitian Prasetyo amp Winarno (2019) pengukuran tingkat kebugaran jasmani memperoleh hasil 9 siswa dengan kategori baik 29 siswa dengan kategori sedang sedangkan 16 siswa mendapatkan kategori kurang. Ada juga menurut Damsir et. al. (2021) bahwa sebanyak 25 siswa yang melaksanakan TKJI mendapatkan hasil 1 siswa mendapatkan tingkat kebugaran jasmani dengan kategori kurang sekali 14 siswa mendapatkan tingkat kebugaran jasmani dengan kategori kurang sedangkan 10 siswa memiliki tingkat kebugaran jasmani dengan kategori sedang sementara untuk kategori baik dan baik sekali tidak ada. Sedangkan hasil penelitian Arifandy et. al. (2021) survei yang dilakukan terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa termasuk dalam kategori baik sebesar 45 31 persen dan pada kategori sedang 54 69 persen. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara status gizi terhadap kebugaran jasmani siswa (2) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara keterampilan motorik terhadap kebugaran jasmani siswa (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani siswa (4) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara status gizi terhadap aktivitas fisik siswa (5) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara keterampilan motorik terhadap aktivitas fisik siswa (6) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh tidak langsung status gizi terhadap kebugaran jasmani melalui aktivitas fisik (7) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh tidak langsung keterampilan motorik terhadap kebugaran jasmani melalui aktivitas fisik. Riset ini dirancang menggunakan metode explanatory research. Teknik mencari sampel menggunakan Random Sampling yang mana dalam setiap individu populasi memiliki kemungkinan sama untuk dipilih. dengan jumlah sampel sebanyak 108 murid kelas VIII SMP Katolik St. Jibrael Kalabahi Kabupaten Alor. Nusa Tenggara Timur. Riset ini menggunakan 2 instrumen yakni tes dan non tes Status gizi menggunakan tes IMT/U Keterampilan Motorik menggunakan tes Barrow Ability Test dan kebugaran jasmani menggunakan tes TKJI sedangkan Aktivitas fisik menggunakan kuesioner PAQ-C 8-14 tahun. Analisis data menggunakan analisis jalur (phat analysis) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Status Gizi memiliki besaran probabilitas yang sig. 0 007 lt 0 05 dan beta 0 218. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat signifikansi antara Status Gizi terhadap Kebugaran Jasmani. (2) Keterampilan Motorik memiliki probabilitas yang sig. 0 000 lt 0 05 dan beta -0 435 Hal ini menunjukkan bahwa terdapat signifikansi antara keterampilan motorik terhadap Kebugaran Jasmani. (3) Aktivitas Fisik memiliki probabilitas yang sig. 0 000 lt 0 05 dan beta 0 407. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat signifikansi antara aktivitas fisik terhadap Kebugaran Jasmani. (4) Status Gizi memiliki probabilitas yang sig. 0 000 lt 0 05 dan beta -0 546. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat signifikansi antara Status Gizi terhadap aktivitas (5) Keterampilan Motorik memiliki probabilitas yang sig. 0 023 lt 0 05 dan beta -0 182. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat signifikansi antara keterampilan terhadap aktivitas fisik. (6) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung antara Status Gizi terhadap Kebugaran Jasmani melalui Aktivitas Fisik. Hal ini disebabkan karena pengaruh langsung 0 218 (direct effect) lebih besar daripada pengaruh tidak langsung -0 040 (indirect effect). (7) Terdapat pengaruh tidak langsung antara Keterampilan terhadap Kebugaran jasmani melalui Aktivitas fisik. Hal ini disebabkan karena pengaruh langsung -0 435 (direct effect) lebih kecil daripada pengaruh tidak langsung 0 079 (indirect effect). Berdasarkan proses penelitian dan pengujian data diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan antara status gizi terhadap kebugaran jasmani siswa (2) terdapat pengaruh signifikan antara keterampilan motorik terhadap kebugaran jasmani siswa (3) terdapat pengaruh signifikan antara aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani siswa (4) terdapat pengaruh signifikan antara status gizi terhadap aktivitas fisik siswa (5) terdapat pengaruh signifikan antara keterampilan motorik terhadap aktivitas fisik siswa (6) tidak terdapat pengaruh tidak langsung status gizi terhadap kebugaran jasmani melalui aktivitas fisik (7) terdapat pengaruh tidak langsung keterampilan motorik terhadap kebugaran jasmani melalui aktivitas fisik

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347609

Actions (login required)

View Item View Item