Manajemen sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan (Studi kasus di MIN Malang 1) / Aldi Yunizar - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan (Studi kasus di MIN Malang 1) / Aldi Yunizar

Yunizar, Aldi (2012) Manajemen sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan (Studi kasus di MIN Malang 1) / Aldi Yunizar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen sarana dan prasarana kualitas pendidikan Sarana dan prasarana di sekolah merupakan hal yang sangat penting dalam kelancaran pendidikan di sekolah hal ini karena sarana dan prasarana dapat mendukung kelancaran di dalam pengajaran maupun yang lainnya. Maka dari itu sarana dan prasarana sebisa mungkin dilengkapi dan digunakan semaksimal mungkin guna mendukung kelancaran pendidikan di sekolah. Manajemen sarana dan prasarana sekolah ditujukan untuk memperlancar proses yang dibutuhkan dalam hal sarana dan prasarana. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses manajemen sarana dan prasarana kendala-kendala dan strategi pemecahan masalah dalam manajemen sarana dan prasarana dan mengetahui faktor pendukung dan strategi pemberdayaan dalam manajemen sarana dan prasarana di MIN Malang 1. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif studi kasus tunggal. Data penelitian berupa paparan proses manajemen sarana dan prasarana kendala-kendala dan strategi pemecahan masalah dalam manajemen sarana dan prasarana dan faktor pendukung dan strategi pemberdayaan dalam manajemen sarana dan prasarana di MIN Malang 1 yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu berupa instrumen kunci yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari mereduksi data display data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh lima kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut manajemen sarana dan prasarana sekolah mempunyai peran yang secara langsung membantu kelancaran sekolah proses manajemen sarana dan prasarana meliputi perencanaan pengadaan sarana dan prasarana dalam setiap mengadakan sarana dan prasarana selalu mengadakan perencanaan untuk mengetahui barang apa saja yang dibutuhkan pelaksanaan pengadaan sarana dan prasarana pengadaan sarana dan prasarana bisa dilakukan oleh pihak sekolah sendiri atau menggunakan pihak ketiga sebagai pelakunya inventarisasi pencatatan sarana dan prasarana yang dibeli kedalam buku induk dan dipilah berdasarkan barang milik negara dan barang milik komite pendistribusian membagikan sarana dan prasarana ke unit-unit yang memerlukan pemeliharaan pemeliharaan dilakukan ada yang setiap hari dan ada juga yang dilakukan beberapa bulan sekali seperti perawatan gedung serta penghapusan penghapusan dilakukan karena barang-barang tersebut sudah tidak layak pakai atau barang tersebut sudah ketinggalan jaman. Kedala-kendala yang dihadapi yaitu sulitnya pencairan dana dari negara kebutuhan madrasah yang mendadak serta kendala pada pihak ketiga. Untuk mengatasi kendala tersebut madrasah mengupayakan komunikasi dengan pihak ketiga apabila permasalahannya dengan pihak ketiga serta untuk kebutuhan madrasah yang mendadak pihak madrasah mengkomunikasikan kembali dengan komite madrasah sebagai pemegang dana terbesar. Faktor pendukung lebih kepada orang tua murid yang sering membantu madrasah dengan menyumbangkan dana yang akan ditampung oleh komite madrasah selain itu juga peran komite madrasah yang sangat aktif dalam hal membantu mengumpulkan dana untuk madrasah dan adanya kebebasan kepala madrasah dalam hal merencanakan dan mengembangkan manajemen sarana dan prasarana yang sebelumnya sudah dibicarakan terlebih dahulu dengan pihak komite madrasah. Faktor pemberdayaan sarana dan prasarana dilakukan dengan cara melakukan pelatihan-pelatihan serta lomba untuk guru dalam hal IT agar mereka selalu menggunakan peralatan tersebut di dalam lingkungan madrasah sesuai kebutuhan yang diperlukan misalnya untuk pengajaran kelas dengan menggunakan LCD proyektor dan laptop yang disediakan madrasah. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada kepala madrasah panitia pengadaan dan penerimaan sarana dan prasarana serta guru untuk meningkatkan partisipasi dalam mengembangkan sekolah dengan sarana dan prasarana yang sudah disediakan madrasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3476

Actions (login required)

View Item View Item