Pengembangan modul akuntansi berilustrasi komik pada materi perusahaan dagang kelas XI semester genap di SMK Negeri 6 Jember / Widya Antari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul akuntansi berilustrasi komik pada materi perusahaan dagang kelas XI semester genap di SMK Negeri 6 Jember / Widya Antari

Antari, Widya (2015) Pengembangan modul akuntansi berilustrasi komik pada materi perusahaan dagang kelas XI semester genap di SMK Negeri 6 Jember / Widya Antari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Antari Widya. 2015. Pengembangan Modul Akuntansi Berilustrasi Komik pada Materi Perusahaan Dagang Kelas XI Semester Genap di SMK Negeri 6 Jember. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sriyani Mentari S.Pd. MM (II) Dr. Sri Pujiningsih SE. M.Si. Ak. Kata Kunci Pengembangan Modul Komik Perusahaan Dagang. Perkembangan kurikulum menghendaki proses pembelajaran berpusat pada siswa. Proses pembelajaran di SMKN 6 Jember masih berpusat pada guru. Kesulitan siswa terletak pada memahami akuntansi perusahaan dagang khususnya pada materi harga pokok penjualan. Keterbatasan bahan ajar menjadi hambatan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Kemandirian siswa dalam mempelajari bahan ajar sangat diperlukan karena keterbatasan kemampuan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Hambatan lain yang dialami siswa dalam memahami materi pembelajaran adalah kurangnya pemahaman mengenai alur riil dari materi yang dipelajari. Siswa menganggap pelajaran akuntansi sangat sulit dan teoritis. Untuk itu diperlukan bahan ajar yang dapat dipelajari secara mandiri menarik untuk dipelajari dan dapat menggambarkan alur riil dari materi yang dipelajari. Dalam mengembangkan bahan ajar berupa modul dengan ilustrasi komik peneliti mengacu pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata (2013). Langkah penelitian dan pengembangan dibagi dalam tiga tahapan yaitu tahap perencanaan pengembangan dan pengujian produk. Tahap perencanaan terdiri dari survei lapangan studi pustaka dan perencanaan. Tahap pengembangan terdiri dari penyusunan produk validasi dan revisi. Tahap pengujian terdiri dari uji coba lapangan terbatas revisi dan dihasilkannya produk akhir. Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli yaitu dosen akuntansi FE UM sebagai ahli materi 1 guru akuntansi SMKN 6 Jember selaku ahli materi 2 dan dosen komunikasi visual selaku ahli desain visual modul dan komik. Hasil validasi menunjukkan modul sangat layak digunakan dengan tingkat validitas dari ahli materi 1 92 8% ahi materi 2 sebesar 98 4% dan ahli desain visual 94 81%. Hasil uji coba lapangan terbatas menunjukkan bahwa modul sangat layak digunakan dengan tingkat validitas 85%. Modul berilustrasi komik terbukti dapat meningkatkan hasil belajar yang dibuktikan dengan hasil sign. 2 tail sebesar 0 00 pada taraf signifikansi 5%. Modul berilustrasi komik dapat meningkatkan hasil belajar karena modul disusun berdasarkan karakteristik modul menurut depdiknas (2008) dan komik disusun berdasarkan teori kontekstual. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah materi yang dimuat terbatas pada materi kelas XI Akuntansi semester genap. Saran untuk pengembangan produk lebih lanjut adalah materi yang dimuat sebaiknya memuat materi akuntansi perusahaan dagang secara utuh dan efektfitas modul dalam pembelajaran sebaiknya diuji coba menggunakan desain eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34759

Actions (login required)

View Item View Item