Penerapan problem based learning dalam kerangka lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Malang / Imam Baidillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem based learning dalam kerangka lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Malang / Imam Baidillah

Baidillah, Imam (2015) Penerapan problem based learning dalam kerangka lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Malang / Imam Baidillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Baidillah Imam. 2015.Penerapan Problem Based Learning dalam Kerangka Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed. (II) Dr. Nurika Restuningdiah S.E. M.Si. Ak. CA. Kata Kunci Problem Based Learning(PBL) lesson study kemampuan berpikir kritis hasil belajar akuntansi Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan yang seharusnya dikuasai oleh siswa yang meliputi hal-hal sebagai berikut (1) merumuskan masalah (2) keterampilan bertanya (3) keterampilan menjawab pertanyaan (4) melakukan diskusi (5) menghargai orang lain (6) melakukan kredibilitas (menganalisis mensintesis dan menilai secara kritis) sumber informasi (7) melakukan observasi (8) mengambil keputusan dan (9) mengevaluasi hasil laporan. Hasil belajar pada penelitian ini mencakup ranah kognitif afektif dan psikomotorik. Dari informasi yang diperoleh baik dari pengamatan yang dilakukan peneliti maupun dari wawancara dengan guru akuntansi ditemukan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Malang masih rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan metode PBL dalam kerangka lesson study dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Malang.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Malang berjumlah 36 siswa. Pelaksanaan PBL terdiri dari lima tahap yaitu 1) tahap orientasi siswa pada masalah 2) tahap mengorganisasi siswa untuk belajar 3) tahap membimbing penyelidikan individual dan kelompok 4) tahap mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta 5) tahap menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Dalamkerangkalesson study artinyapenerapanpembelajaranberbasismasalah (problem based learning) didampingiolehanggotatimlesson study mulaidaritahapanperencanaan (plan) pelaksanaandanpengamatan (do) hinggarefleksi (see). Selama pelaksanaan PBL dilakukan observasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa oleh 5 anggota tim lesson study. Untuk melihat hasil belajar siswa pada aspek kognitif dilakukan tes tertulis dengan soal berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dalam kerangka lesson study dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Dari hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh skor rata-rata total 69 33 atau dalam kategori cukup terdapat 17 siswa dalam kategori baik dan 19 siswa dalam kategori cukup kemudian pada siklus 2 diperoleh skor rata-rata total 85 58 atau dalam kategori baik terdapat 16 siswa dalam kategori sangat baik dan 20 siswa dalam kategori baik. Hasil tes diperoleh nilai rata-rata pre-test siswapadasiklus I sebesar 73 47 terdapat 12 siswa tuntas dan 24 siswa belum tuntas kemudiannilai rata-rata post-test siswapadasiklus I sebesar 81 39 dengan 26 siswa tuntas dan 10 siswa belum tuntas sedangkannilai rata-rata post-test siswapadasiklus II sebesar 91 25 atau semua siswa tuntas.Dengan demikian kriteria keberhasilan dari penelitian yaitu hasil observasi kemampuan berpikir kritis menunjukkan 80% siswa berada dalam kategori minimal baik dan hasil belajar menunjukkan 80% siswa berada dalam kategori minimal baik pada siklus IIsudah terpenuhi sehingga tindakan dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34758

Actions (login required)

View Item View Item