Pengaruh kemampuan koneksi matematis dan konsep diri terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa Jurusan Akuntansi di Universitas Negeri Malang / Yayuk Basuki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemampuan koneksi matematis dan konsep diri terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa Jurusan Akuntansi di Universitas Negeri Malang / Yayuk Basuki

Basuki, Yayuk (2015) Pengaruh kemampuan koneksi matematis dan konsep diri terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa Jurusan Akuntansi di Universitas Negeri Malang / Yayuk Basuki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Basuki Yayuk. 2015. Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis dan Konsep Diri terhadap Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed. (II) Dr. Dodik Juliardi S.E.Ak M.M. Kata kunci Kemampuan Koneksi Matematis Konsep Diri dan Pemahaman Akuntansi. Akuntansi merupakan seperangkat pengetahuan yang luas dan kompleks. Untuk itu diperlukan adanya peningkatan sumberdaya manusia dengan cara meningkatkan prestasi akademik dalam penelitian ini prestasi akademik yang dimaksud adalah pemahaman akuntansi mahasiswa. Pemahaman akuntansi mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kemampuan koneksi matematis dan konsep diri. Berdasarkan uraian tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan koneksi matematis dan konsep diri terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa jurusan akuntansi di Universitas Negeri Malang. Kemampuan koneksi matematis dalam penelitian ini dapat diartikan sebagai kemampuan individu dalam menghubungkan/mengaitkan logika penggunaan simbol dan proses perhitungan dalam matematika ke dalam kehidupan sehari-hari yang diukur menggunakan instrumen tes kemampuan koneksi matematis. Konsep diri dalam penelitian ini diartikan sebagai pandangan atau penilaian individu terhadap segala aspek yang terdapat dalam dirinya secara utuh yang diukur menggunakan instrumen kuesioner sedangkan pemahaman akuntansi diukur menggunakan instrumen tes pemahaman akuntansi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode Survey Research. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi di Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2012 yang berjumlah 393 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional random sampling dan ukuran sampel dihitung menggunakan rumus Slovin dengan standar error 5% sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 198 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan kuesioner. Teknik Analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 16.00 for windows. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan (1) Terdapat pengaruh kemampuan koneksi matematis terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa pengaruh ini bersifat positif yang berarti semakin tinggi kemampuan koneksi matematis yang dimiliki mahasiswa maka semakin baik pula pemahaman akuntansinya (2) Terdapat pengaruh konsep diri terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa pengaruh ini bersifat positif yang berarti bahwa semakin tinggi konsep diri yang dimiliki mahasiswa maka semakin baik pula pemahaman akuntansinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34757

Actions (login required)

View Item View Item