Pengaruh model pembelajaran ARIAS (Asurance, Relevance, Interst, Assessment, and Satisfaction) dengan strategi turnamen belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Ev Ummu Kurnia Kholiqosari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran ARIAS (Asurance, Relevance, Interst, Assessment, and Satisfaction) dengan strategi turnamen belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Ev Ummu Kurnia Kholiqosari

Kholiqosari, Ev Ummu Kurnia (2015) Pengaruh model pembelajaran ARIAS (Asurance, Relevance, Interst, Assessment, and Satisfaction) dengan strategi turnamen belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Ev Ummu Kurnia Kholiqosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kholiqosari Ev Ummu K. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance Relevance Interest Assessment and Satisfaction) Dengan Strategi Turnamen Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed. (II) Dr. Dodik Juliardi S.E. Ak. M.M Kata Kunci model pembelajaran ARIAS strategi turnamen belajar hasil belajar Model pembelajaran yang tepat dalam pelaksanaannya adanya pelaksanaan evaluasi hasil belajar sesuai dengan potensi siswa dan sesuai dengan tujuan kurikulum serta secara konseptual siap diimplementasikan merupakan aspek-aspek yang mempengaruhi keberhasilan belajar. Berkaitan dengan hal tersebut model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Model Pembelajaran ARIAS. Model pembelajaran ini memiliki susunan komponen belajar yang lengkap dan terstruktur terdiri dari assurance (kepercayaan diri) relevance (sesuai dengan kehidupan siswa) interest (minat) assessment (penilaian) and satisfaction (kepuasan). Penggunaan model pembelajaran ARIAS yang disertai dengan strategi turnamen belajar dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki siswa dan menjaga perhatian serta minat siswa agar tetap tertuju pada proses pembelajaran. Sehingga semua siswa dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran ARIAS dengan strategi turnamen belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan hasil belajar akuntansi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk desainOne Group Pretest-Posttestyang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas XI Akuntansi. Populasi siswa kelas XI AK adalah kelas XI AK 1 yang berjumlah 32 siswa dan kelas XI AK 2 berjumlah 28 siswa.Sampel yang terpilih adalah kelas XI AK 1 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan analisis uji t Paired Samplesdimana data yang digunakantidak bebas (berpasangan). Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Instrumen tes yang diberikan berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis padahasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran ARIAS (Assurance Relevance Interest Assessment and Satisfaction) dengan strategi turnamen belajar terhadap hasil belajar. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran ARIAS yang dipadukan dengan strategi turnamen belajar efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34756

Actions (login required)

View Item View Item