Analisis pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas X AK SMK Negeri 2 Blitar / Yunita Putri Puspitaningsih

Puspitaningsih, Yunita Putri (2015) Analisis pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas X AK SMK Negeri 2 Blitar / Yunita Putri Puspitaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitaningsih, Yunita Putri. 2015. Analisis Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Ak SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc. (II) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak. Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar Dengan berkembangnya dunia pendidikan, maka dalam pelaksanaan proses belajar mengajar guru dituntut untuk menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran. Problem Based Learning (PBL) merupakan model yang sesuai diterapkan dalam pembelajaran akuntansi yang memerlukan suatu gambaran yang konkrit dan nyata agar siswa paham akan konsep pembelajaran yang disampaikan . Oleh karena itu dicobakan model Problem Based Learning pada siswa kelas X AK SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajar melalui model Problem Based Learning dan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model Problem Based Learning. Pembahasan materi pada penelitian ini dibatasi pada materi menyusun neraca lajur perusahaan jasa Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Blitar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 2 yang berjumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X AK 3 yang berjumlah 39 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes subjektif pretest-posttest. Penelitian ini terdiri dari tiga data, yaitu data kemampuan awal siswa, data kemampuan akhir siswa dan data hasil belajar akuntansi. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih antara nilai posttest dan pretest (gainscore). Gainscore tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil uji t gainscore penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < nilai probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan model Problem Based Learning pada mata pelajaran akuntansi dengan siswa kelas kontrol yang tidak menerapkan model Problem Based Learning Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi guru akuntansi menggunakan model Problem Based Learning sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk menambah variasi pembelajaran pada kompetensi dasar menyusun neraca lajur perusahaan jasa. Bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian tentang model Problem Based Learning dengan mengembangkan materi yang lebih luas dengan memvariasikan dengan teknik lain, soal pretest dan posttest dibedakan tetapi dengan tingkat kesulitan yang sama dan menambah hasil belajar pada aspek afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34755

Actions (login required)

View Item View Item