Pengembvangan modul akuntansi dengan pendekatan saintifik berbasis inkuiri / Yuke Indriana Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembvangan modul akuntansi dengan pendekatan saintifik berbasis inkuiri / Yuke Indriana Dewi

Dewi, Yuke Indriana (2015) Pengembvangan modul akuntansi dengan pendekatan saintifik berbasis inkuiri / Yuke Indriana Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Yuke Indriana. 2015. Pengembangan Modul Akuntansi dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Inkuiri. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulastri S.Pd. M.SA. (II) Nujmatul Laily S.Pd. M.SA. Kata Kunci Modul Akuntansi dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Inkuiri Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam upaya pembudayaan manusia. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan kecerdasan akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Salah satu pembaharuan yang dilakukan pemerintah adalah melakukan pembaharuan kurikulum dari KTSP 2006 ke Kurikulum 2013. Penerapan pendekatan saintifik itu bisa berupa model pembelajarannya di kelas penggunaan bahan ajar maupun evaluasi pembelajarannya. Bahan ajar penting dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Karena pentingnya bahan ajar tersebut dalam pembelajaran maka dikembangkanlah modul akuntansi dengan pendekatan saintifik berbasis inkuiri. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan pada salah satu sekolah kejuruan di wilayah kota Malang kegiatan pembelajaran masih belum efektif dikarenakan belum ada LKS dan buku ajar dari pemerintah pusat sehingga peserta didik menggunakan buku paket yang ada di perpustakaan. Buku paket yang digunakan oleh peserta didik tersebut masih belum menggunakan kurikulum 2013. Buku teks yang digunakan dalam pembelajaran Akuntansi juga sangat terbatas dan kurang merangsang siswa untuk berpikir secara sistematis kritis logis dan analitis sehingga pembelajaran belum mengarah pada siswa untuk mencari dan menemukan sendiri konsep yang dipelajari. Modul dikembangkan dengan mengadaptasi metode pengembangan Borg dan Gall yang meliputi analisis kebutuhan pengembangan produk validasi ahli revisi I uji lapangan terbatas revisi II eksperimen dan produk akhir. Uji kelayakan dilakukan melalui validasi ahli pengembangan bahan ajar ahli materi dan uji coba lapangan terbatas (siswa). Sedangkan untuk uji keefektifan modul dilakukan dengan menggunakan uji Dependent Sample T-Test. Hasil uji kelayakan menunjukkan modul yang dikembangkan valid dengan rata-rata 81 67% untuk validasi ahli pengembangan bahan ajar 77 27% untuk validasi materi dan 86 69% untuk validasi responden. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan efektif. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi uji Dependent Sample T-Test sebesar 0 000. Modul ini bagi sekolah diharapkan menjadi bahan pertimbangan untuk digunakan sebagai sumber belajar sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif terarah dan mampu membangun kemandirian peserta didik bagi siswa dapat digunakan untuk membantu menemukan konsep pengertian atau pengetahuan baru mengenai siklus akuntansi perusahaan jasa dan bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai acuan atau pustaka untuk diadakan penelitian yang serupa dengan kajian materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34754

Actions (login required)

View Item View Item