Mustofa, Kalim (2022) Evaluasi pelaksanaan praktik kerja lapangan siswa SMK kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif menggunakan model cipp di kabupaten Blitar (studi multisitus di SMKN 1 Kademangan dan SMKS Islam 2 Wlingi) / Kalim Mustofa</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Mustofa Kalim. 2021. Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Menggunakan Model CIPP di Kabupaten Blitar (Studi Multisitus di SMKN 1 Kademangan dan SMKS Islam 2 Wlingi). Tesis. Program Pascasarjana Program Studi S2 Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yoto S.T. M.M. M.Pd. (II). Dr. Widiyanti M.Pd. Kata kunci praktek kerja lapangan evaluasi program model CIPP Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan bagian penting dalam proses pelaksanaan pendidikan di SMK. Program pelaksanaan kegiatan PKL diharapkan dapat berjalan dengan efektif. Tujuan program PKL yaitu mewujudkan tenaga kerja menengah yang sesuai dengan kebutuhan Dunia Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (DIDUKA). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan PKL agar diketahui kesesuaian penerapan program PKL dengan memperhatikan dari komponen Konteks Input Proses dan Produk sesuai model CIPP. Pelaksanaan Evaluasi Praktik Kerja Lapangan dalam penelitian ini menggunakan Model Evaluasi CIPP dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kademangan dan SMKS Islam 2 Wlingi Kabupaten Blitar dimana memandang Program PKL dari Contexs Input Process dan Product. Standar evaluasi ini menilai dari susunan rubrik penilaian yang didasarkan dari berbagai landasan tentang pelaksanaan PKL. Sumber data dari penelitian ini diambilkan terdiri dari Wakasek Kurikulum Wakasek Hubinmas Ketua Kompetensi Keahlian TKRO Guru Pembimbing PKL dari sekolah dan DIDUKA. Pengumpulan data melalui wawancara observasi dan dokumen. Keabsahan temuan dicek dengan triangulasi data. Hasil penilaian di sajikan dalam bentuk deskripsi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi Konteks program Praktek Kerja Lapangan Siswa SMK Kompetensi Keahlian TKRO di Kabupaten Blitar yang meliputi 139 tujuan dalam Praktik Kerja Lapangan (PKL). Relevansi program PKL dengan kurikulum sekolah dan kebutuhan serta peluang sebagai Program tindak lanjut dari PKL telah terlaksana dengan baik. Evaluasi Input pelaksanaan program Praktek Kerja Lapangan Siswa SMK Kompetensi Keahlian TKRO di Kabupaten Blitar yang meliputi kesiapan siswa melalui program pembekalan PKL Kesiapan Guru pembimbing dan Instruktur DIDUKA. Kelayakan sarana maupun prasarana DIDUKA tempat PKL telah dilaksanakan dengan baik. Evaluasi Proses pelaksanaan program Praktek Kerja Lapangan Siswa SMK Kompetensi Keahlian TKRO di Kabupaten Blitar yang meliputi partisipasi siswa pemanfaatan waktu pelaksanaan PKL intensitas pembimbingan oleh guru pembimbing dan setiap hari oleh Instruktur DIDUKA kemampuan siswa dalam memecahkan masalah telah terlaksana dengan baik dan Evaluasi Produk pelaksanaan program Praktek Kerja Lapangan Siswa SMK Kompetensi Keahlian TKRO di Kabupaten Blitar yang meliputi peningkatan kompetensi siswa setelah melaksanakan PKL dan adanya dampak kegiatan PKL ini pada penempatan kerja siswa tersebut setelah lulus sekolah telah tercapai dengan baik. Saran yang diberikan berkaitan dengan penelitian yaitu Kepada Kepala sekolah disarankan untuk meningkatkan program link and match untuk meningkatkan kompetensi siswa. Selain itu semua komponen sekolah diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran agar kompetensi siswa semakin baik. Sekolah juga perlu untuk meningkatkan Sarana dan Prasarana pembelajaran terutama teknologi terbaru agar siswa semakin meningkatkan ketrampilannya Kepada Manager SDM Dunia Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (DIDUKA) agar lebih meningkatkan dalam pembinaan siswa dalam kegiatan PKL. Selain dalam PKL DIDUKA juga harus meningkatkan kerjasama dengan memberikan program Magang Guru membentuk kelas Industri dan mengalokasikan Dana CSR yang ada untuk peningkatan kualitas pendidikan di SMK Kepada Guru disarankan agar mempersiapkan diri dalam melakukan pembimbingan siswa PKL dan melakukan komunikasi dengan Instruktur DIDUKA untuk menguatkan program link and match SMK dengan DIDUKA Kepada Dinas Pendidikan diharapkan untuk juga pro aktif dalam mengadakan Sosialisasi dan membuat Program kebijakan yang mendorong terjalinnya kerjasama sekolah dengan DIDUKA dan Kepada Peneliti Selanjutnya disarankan agar lebih memperdalam pembahasan dan fokus penelitian sehingga informasi yang diperoleh lebih detail dan lengkap terkait evaluasi pelaksanaan PKL ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |