Kurniawan, Mohammad Rizky (2022) Pengembangan dan pelatihan modul java spring boot rest api untuk siswa SMK kompetensi keahlian RPL di Malang / Mohammad Rizky Kurniawan</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kebutuhan industri akan backend java developer dengan framework java spring boot cukup besar. Sedangkan kurikulum di beberapa SMK dengan kompetensi keahlian RPL di Malang masih sebatas mempelajari java dasar hingga penggunaan swiftui sehingga kompetensi lulusan masih belum sesuai dengan kebutuhan industri. Java itu sendiri adalah salah satu bahasa pemrograman sedangkan spring boot merupakan sebuah framework untuk membangun sebuah aplikasi berbasis bahasa pemrograman java dengan cepat mudah dan aman. Adapun Rest API adalah desain arsitektur dari sebuah API dalam merancang sebuah aplikasi yang berbasis jaringan terdistribusi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul Java Spring Boot Rest API kepada siswa SMK kompetensi keahlian RPL dengan menguji kelayakan serta melakukan uji pengguna berupa pelatihan dan evaluasi pelatihan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengembangan dan penelitian (Research and Development). Adapun model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. Model pengembangan ADDIE memuat 5 tahap yakni analisis kebutuhan desain pengembangan implementasi serta evaluasi. Instrumen yang dipakai dalam pengumpulan data yakni studi dokumen wawancara kuesioner serta tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul Java Spring Boot Rest API untuk siswa SMK kompetensi keahlian RPL adalah sangat layak. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji validasi materi sebesar 93% uji validasi media sebesar 91 % dan uji validasi pembelajaran sebesar 96%. Selanjutnya dilaksanakan uji pengguna berupa pelatihan selama 3 hari secara daring dengan total pendaftar 75 siswa dan yang aktif selama pelatihan adalah 32 peserta. Sementara itu tingkat kepuasan dari pelatihan tersebut adalah sangat puas dengan ditunjukkan nilai persentase sebesar 89.3%. Sedangkan evaluasi dari hasil segi belajar berupa aspek pengetahuan dan keterampilan terdapat perbedaan sebelum dan sesudah pelatihan dengan ditunjukkan hasil uji t-test berpasangan yakni kurang dari 0.001. Adapun peningkatan yang terjadi untuk aspek pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan termasuk dalam kategori sedang. Hal ditunjukkan dari hasil uji N-Gain sebesar 0.31 dan 0.56 untuk pengetahuan dan keterampilan. Sedangkan pada aspek sikap hasil nilai persentase peserta adalah 49% dengan kategori cukup baik dengan ditunjukkan dari nilai kehadiran pengumpulan tugas dan keaktifan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |